TINGKATKAN KEWASPADAAN DAN ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19, KANTOR DISPORA KALTIM DITUTUP SEMENTARA

*BPBD KALTIM LAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN, PEGAWAI BEKERJA DARI RUMAH DAN PELAYANAN SECARA ONLINE

SAMARINDA  - Pelaksana Tugas Kepala DInas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim, H Muhammad Syirajudin menginstruksikan agar sementara waktu Kantor Dispora Kaltim ditutup untuk semua kegiatan terhitung sejak tgl 27 Juli hingga 7 Agustus 2020.

"Kita ketahui bersama saat ini ada sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non ASN di Pemprov yang hasil swab testnya positif, untuk itu silahkan pegawai Dispora Kaltim bekerja dari rumah. Dan apabila ada pegawai sempat kontak fisik dengan mereka yang positif agar segera memeriksakan kesehatannya. Semoga kita selalu diberikan Allah Subhanahu Wa Ta'ala kesehatan,"imbau Syirajudin melalui pesan yang dikirimkannya di grup percakapan Pegawai Dispora Kaltim, Jumat (24/7/2020).

Sebelum ditutup, salah satu upaya mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019  (COVID-19), bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim yang terletak di Kompleks Stadion Madya Sempaja disemprot cairan disinfektan.

Tiba tepat pukul 10 pagi, sebanyak 6 (enam) orang petugas BPBD langsung menyasar seluruh ruangan kerja gedung 2 lantai tersebut, dimulai ruang Bidang Pengembangan Pemuda, Pemberdayaan Pemuda, Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Ruang Sekretarit, ruang kepala DInas, Bidang Pembudayaan Olahraga, bahkan hingga ks eluruh rungan termasuk dapur dan kantin.

Menurut Fauzan Agung dari BPBD Kaltim, pihaknya saat ini melakukan penyemprotan ke sejumlah kantor pemerintahan, namun belum seluruhnya, dan masih berdasarkan pada permintaan organisasi perangkat daerah.

Pelaksana Tugas Kadispora Kaltim, Muhammad Syirajudin, diwakili Kepala Bidang peningkatan Prestasi Olahraga, Agus Tianur, mengatakan bahwa saat ini perkantoran menjadi klaster baru penularan virus Covid-19 di beberapa daerah di tanah air, termasuk di Kalimantan Timur.

"Sebagimana kita ketahui bersama, saat ini di sejumlah daerah melaporkan adanya klaster baru penyebaran virus corona di perkantoran, baik pemerintahan maupun swasta. Hal ini bisa jadi dibawa oleh pegawai dari luar kantor, kemudian berinteraksi dengan rekan kerja tanpa memperhatikan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker yang masih banyak disepelekan,"ujar Agus Tianur didampingi Kasub bagian Umum Dispora, Nurnuthfah Arief.

Di kantor Dispora sendiri, ditambahkan Nurnuthfah bahwa setiap tamu maupun pegawai harus menjalani protokol kesehatan yang telah ditetapkan, dimulai mencuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh, penggunaan masker di seluruh areal perkantoran, serta menjaga jarak aman, dan pembatasan jumlah pegawai yang masuk kerja tiap harinya melaui sistem piket

Sementara itu, untuk kawasan Kompleks Stadion Madya Sempaja dan Stadion Utama Palaran, secara rutin dilakukan penyemprotan cairan disinfektan oleh Unit Pelaksana Tekhnis Dinas Pengelola Prasarana Olahraga (UPTD PPO) Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim.

"Kami secara rutin melakukan penyemprotan untuk kawasan Stadion Madya Sempaja dan Stadion Utama Palaran. Hal ini sebagai upaya kami memberikan perlindungan terhadap kesehatan dan keselamatan bagi pegawai yang beraktifitas sehari-hari, seperti bagian kebersihan dan pemeliharaan stadion,"katanya.

"Kita akan selalu mengacu pada protokol kesehatan yang dituangkan dalam surat edaran Menpora dan surat edaran Gubernur, ini sebagai langkah antisipasi kita sediakan perlengkapan-perlengkapan alat pelindung diri,"kata Bahri.

Terkait tutupnya kantor Dispora, maka pelayanan sementara dilakukan secara online melalui  :
■DM Instagram @dispora_kaltim

■MESSENGER Facebook @Dispora Kalimantan Timur

■MESSAGES Twitter @dispora_kaltim

■e-mail di mail@disporakaltim.info atau @ dispora_kaltim@yahoo.co.id

(rdi)