Umum

Kontingen Kaltim Runner-Up Popwil IV NTT

Dispora Management | Jumat, 17 Oktober 2014 - 09:42:48 WIB | dibaca: 2616 pembaca

Perhelatan pecan Olahraga pelajar Wilayah (POPWIL) IV yang berlangsung di Kupang Nusa Tenggara Timur, resmi berakhir Kamis (16/8). Kontingen Kalimantan Timur yang berkekuatan 155 atlet pelajar diampingi  25 pelatih dan tim official mengikuti delapan Cabang olahraga yakni bulu tangkis, bola basket, tenis meja, bola voli, pencak silat, sepak takraw, sepak bola, dan tenis lapangan berhasil finish di urutan kedua di bawah Kontingen Jawa Timur.

 

Dalam ajang yang menentukan atlet yang bakal tampil di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2015 di Jawa Barat tersebut, Kaltim meraih 7 medali emas, 10 perak dan 14 perunggu.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kaltim, Fachruddin Djaprie mengatakan, keberhasilan Kalimantan Timur ini merupakan buah kerjasama seluruh pihak yang telah mendukung dengan optimal.

“Tentunya apa yang diraih oleh anak-anak kita para olahragwan muda kaltim, adalah buah kerja keras semua pihak, khususnya Bapak Gubernur yang telah membuat Sekolah Khusus Olahragawan Internasional Kaltim sehingga pembinaan berlangsung berkelanjutan dan terarah,”kata Kadispora.

Dijelaskannya, dari tujuh medali emas yang diperoleh Kaltim, lima disumbangkan oleh atlet-atlet Pencak Silat, sementara dua lagi dipersembahkan tim Tenis Meja putra dan putri. Hasil ini memperbaiki peringkat Kaltim dari edisi sebelumnya yang berlangsung di Sulsel dengan finish di tempat ketiga.

“Dari hasil tersebut, kita berhasil meloloskan hampir 90 persen atlet yang berlaga di Popwil lolos ke ajang selanjutnya POPNAS tahun 2015 mendatang di Provinsi Jawa Barat. Hanya Cabor Sepak Takraw yang gagal lolos karena hanya memperoleh medali perunggu,”tambahnya.

Kadispora pun meyakini atlet-atlet Kaltim ini akan mampu berbicara banyak di ajang Popnas tersebut, mengingat Kaltim juga akan mengikuti Cabang Olahraga lain yang langsung bermain di Popnas, seperti karate, taekwondo, gulat, senam, panahan dan atletik.

Dalam daftar perolehan medali, Kaltim hanya kalah dari Juara bertahan Jawa Timur yang memperoleh 22 emas, 8 perak dan 33 perunggu. Diikuti Nusa Tenggara Barat dengan 2 emas, 4 perak dan 6 perunggu ditempat ketiga. (lihat grafis). Rdi-bd

 

Peringkat

Provinsi

Emas

Perak

Perunggu

1

Jatim

22

8

33

2

Kaltim

7

10

14

3

NTB

2

4

6

4

NTT

1

5

7

5

Sulsel

1

4

6

6

Sulteng

1

2

10

7

Sulbar

 

 

5