Bidang Pemuda

4 CALON PASKIBRAKA NASIONAL ASAL KALTIM TERPILIH

Dispora Management | Rabu, 04 Mei 2016 - 15:16:26 WIB | dibaca: 4452 pembaca

Kadispora Kaltim (tengah) berfoto bersama tim seleksi dan 4 peserta yng lolos ke seleksi Paskibraka tingkat Nasional.

Setelah melalui berbagai tahapan seleksi selama 3 hari, 4 orang Calon Paskibraka terpilih mewakili Kaltim ke seleksi Paskibraka tingkat Nasional,  dengan berbagai kelebihan yang dimiliki masing-masing dibanding 36 peserta seleksi lainnya.

Untuk putra, masing-masing  Shodiki Fatkhurrahman, pelajar Kelas X SMAN 1 Tenggarong serta Gery Yulisan Ramadhan, pejar kelas X SMAN 2 Kota Bontang. Sementara untuk putri, yakni Eka Rusanti, siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabupaten Paser dan Jeannne Rahmawati Sari, yang merupakan siswa SMAN 3 Kota Samarinda.

Salah satu peserta yang lolos, Gery, mengungkapkan kebahagiaannya bisa menuju ke seleksi selanjutnya di tingkat nasional bersama 3 orang lainnya.

“Alhamdulillah, bisa mewakili Kaltim dan Kota Bontang, sebenarnya sih gak nyangka juga, karena melihat teman-teman pesreta seleksi semuanya tampil dengan kemampuan mereka yang terbaik. Semoga di seleksi di tingkat nasional nanti saya bisa memberikan usaha yang lebih maksimal dan terbaik agar mampu memberikan yang terbaik untuk Kaltim,”ujarnya.

Gery mengatakan, tahapan tes yang dilaluinya cukup berat, diantaranya tes pengetahuan umum, kebudayaan, kesehatan, pelatihan baris-berbaris (PBB), hingga tes wawancara. Tidak hanya itu, dirinya bersama peserta lainnya juga harus melalui tes kesemaptaan, yakni tes fisik dengan mengukur lari selama 12 menit, dan sit-up, push-up, dan lari angka delapan selama 30 detik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltim, Fachruddin Djaprie, dalam sambutannya menyampaikan dari pantauannya, tim seleksi yang telah bekerja secara baik, obyektif dan maksimal, bahkan dirinya mendengarkan langsung pertimbangan tim seleksi terhadap masing-masing peserta. Untuk itu dirinya menyampaikan terimakasih kepada tim seleksi yang terdiri dari Kodim 0901 Samarinda, Polresta Samarinda, Unmul, IAIN Samarinda, Dinas Kebudayaan dan PAriwisata Provinsi Kaltim serta Rumah Sakit AW Sjahranie Samarinda.

“Kepada peserta yang tidak lolos ke seleksi nasional, jangan berpatah arang, karena kalian adalah putra-putri terbaik dari masing-masing Kabupaten/Kota, dan kalian akan mendapat tanggung jawab untuk dapat bertugas sebagai pengibar bendera di tingkat provinsi. Disamping itu, Dispora Kaltim nantinya akan mengajak seluruh Paskibraka Kaltim akan mendapat kesempatan anjang sana ke luar daerah untuk mengunjungi sejumlah obyek wisata pendidikan, dengan harapan para peserta mendapatkan pengetahuan budaya daerah lain serta ilmu yang bermanfaat lainnya,”ungkapnya.

Kepada peserta yang lolos ke seleksi tingkat nasional, Kadispora berpesan agar mereka menjaga nama baik Kaltim, dan tunjukkan prestasi yang terbaik di tingkat nasional, dan berdoa agar salah satu dari mereka dapat masuk dalam tim Delapan.

“Kami atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur juga menyampaikan terimakasih kepada 10 Kabupaten/Kota di kaltim yang telah mengirimkan anak didiknya untuk memgikuti sleksi Paskibraka di tingkat Provinsi”pungkasnya.