Seputar Dispora

SKOI Kaltim buka penerimaan Siswa untuk 20 Cabor

Dispora Management | Selasa, 26 April 2016 - 09:03:58 WIB | dibaca: 2110 pembaca

SAMARINDA – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sistem penerimaan siswa baru Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) Kaltim mengalami perubahan. Sistem penerimaannya melalui tes dan parameter yang sesuai dengan cabang olahraga (cabor) yang digeluti.

“Perubahan sistem penerimaan siswa SKOI dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan mutu siswa dalam bidang olahraga,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, Facrudin Japrie ketika dikonfirmasi, Senin (25/4).

Pembinaan prestasi siswa menjadi berkembang jika penyeleksian masuk dilakukan secara ketat dengan menetapkan parameter tes sesuai dengan karakteristik kecabangannya. Indikator keberhasilan dan standar pelayanan minimal (SPM) yang telah ditetapkan harus dipedomani dengan baik untuk mendapatkan bibit atlet yang handal.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan sejalan dengan tekad awal pembangunan SKOI menjadi wahanan pembibitan atlet berprestasi. Itu artinya atlet berprestasi asal kabupaten/kota yang akan diterima menjadi siswa baru SKOI.

Berprestasi tersebut dibuktikan dengan hasil tes dan parameter penguasaan terhadap cabor yang digeluti. “Penguasaan yang baik jika didukung dengan program pembinaan prestasi olahraga berkualitas, tentu akan mampu menghasilkan atlet berprestasi baik pada tingkat nasional maupun internasional. Itu target kita,” sebutnya.

Sedangkan penerimaan siswa baru tahun ajaran 2016/2017 dimaksudkan untuk menyeleksi atlet-atlet pelajar berprestasi dan berbakat di wilayah Kaltim dan menyelaraskan pembinaan pada sentra keolahragaan secara menyuluruh.

Tujuannya, menghasilkan olahragawan nasional/internasional yang mempunyai kepribadian dan semangat olahragawan sejati, untuk meningkatkan prestasi olahraga dan akademik setinggi-tingginya, serta disiplin.

“Persemaian bibit olahraga  yang ideal dapat terlaksana dengan baik apabila berada pada wadah yang tepat seperti dilakukan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) di tingkat daerah maupun SKOI Kaltim,” jelasnya.

Penerimaan siswa baru SKOI Kaltim sendiri untuk 20 cabang olahraga yang ada, diantaranya Bulutangkis, Pencak Silat, dan Angkat Besi. Salah satu ketentuan pesertannya  harus beprestasi ditandai memperoleh medali pada kejuaraan resmi atau open tournament tingkat daerah, nasional dan internasional atau memiliki bakat/talenta kecaboran.

Pendaftaran dibukai mulai 1 April -- 14 Mei 2016. Kemudian dilanjutkan seleksi berkas pada 16 -- 21 Mei 2016, tes akademik pada 23 Mei 2016, dan tes kesehatan pada 24 -- 25 Mei 2016. Selanjutnya tes psikologi 26 -- 27 Mei 2016, tes fisik/pencaboran 28 -- 29 Mei 2016, pengumuman hasil seleksi 6 Juni 2016, daftar ulang  7 -- 8 Juni 2016, dan mulai masuk asrama 21 Juni 2016.