Bidang Wirausaha

Forum Kewirausahaan Pemuda Kaltim resmi terbentuk

Dispora Management | Selasa, 29 Maret 2016 - 11:26:16 WIB | dibaca: 1026 pembaca

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur terus mendorong pertumbuhan dunia usaha, khususnya bagi generasi muda. Berbagai upaya serta fasilitasi telah dilaksanakan pemerintah untuk menumbukan jiwa entrepreneur khususnya di kalangan pemuda.

“Kewirausahaan pemuda merupakan bagian tak terpisahkan dari upaya permberdayaan pemuda agar tidak menjadi beban pembangunan namun menjadi aset pembangunan. Namun demikian para wirausaha muda perlu memiliki komitmen untuk sukses bersama, sehingga perlu memiliki sebuah forum yang disebut dengan Forum Kewirausahaan Pemuda,”kata Kadispora Kaltim, Fachruddin Djaprie saat acara pengukuhan dan pelantikan Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Kalimantan Timur beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda, Ponijan, menyampaikan bahwa faktor paling penting dalam pengembangan kewirausahaan pemuda adalah adanya kesadaran diri (awarness), spirit dan minat yang kuat dari dalam diri pemuda itu sendiri untuk menjadi seorang wirausahawan.

“Kementerian Pemuda dan Olahraga senantiasa berupaya untuk terus menerus menumbuh kembangkan kebijakan, koordinasi dan kerja sama  dengan stakeholders terkait”,ungkap Ponijan.

Ketua FKP Pusat, Alween Ong sendiri menyampaikan bahwa FKP merupakan  wadah untuk pemuda (usia 16th-30th sesuai UU) yang memiliki usaha agar dapat keterbukaan informasi dalam segala hal baik itu dari Pemerintah Pusat, Pemda Prov, Pemda kab, BUMN, BUMD serta pihak lainnya yang memiliki visi misi untuk kemajuan pemuda.

“FKP Forum kewirausahaan pemuda merupakan lembaga independen yang  memiliki misi agar para wirausaha muda dapat saling berbagi, bertukar pikiran, data dan informasi guna mengembangkan keunggulan dan daya saing produk kewirausahaan pemuda di kancah nasional, regional dan internasional,”lanjutnya.

Fungsi FKP antara lain mewadahi setiap pemuda yang ingin mengembangkan diri dibidang kewirausahaan, kemudian menumbuhkan potensi keberagaman bakat, keterampilan, kewirausahaan,dan pengetahuan hingga penyelesaian masalah yang signifikan untuk mendukung upaya peningkatan ekonomi kerakyatan, serta membina kerjasama strategis dan saling menguntungkan dengan kalangan Pemerintah, sektor swasta, organisasi sosial, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), para praktisi pengembang masyarakat, cendekiawan, dan mitra kepemudaan lainnya, guna kemajuan dalam kemandirian dan independensi organisasi dan cita-cita kesejahteraan.

          Selain pelantikan pengurus FKP Kaltim yang diketuai oleh Nur Aini, pada acara tersebut juga dikukuhkan pengurus FKP Kabupaten/Kota se Kaltim, yakni FKP Bontang, FKP Kutai Timur, FKP Samarinda, FKP Penajam Paser Utara, FKP Balikpapan, FKP Kutai Barat, dan FKP Mahulu.

 

Pengurus Forum Kewirausahaan Pemuda Prov. Kaltim

Periode 2015-2017;

 

Ketua                                         :   Nur Aini, S.Pd

Wakil Ketua                                 :   Dio Fanhita R

Sekretaris                                   :   Anggara Joko Pratama

Bendahara                                  :   Jessica Stevanie

Biro Organisasi                            :   Endra Laksmana          (Ketua)

               Syarbaini                   (Divisi Kaderisasi)

               Eko Shidiq                  (Divisi Kelembagaan)

 

Biro Kreatif & Inovatif                  :   Andin Destian             (Ketua)

               Muhlis                         (Divisi Infokom)

               Julianto                       (Divisi Event)

 

Biro Edukasi & Pengembangan      :   Hariadi                        (Ketua)

               Yustiawan                    (Divisi Litbang)

               Mirwan                        (Divisi Mentoring)

 

Biro Kepedulian & Sosial               :   Achmad Natha Fernanda(Ketua)

               Agustina Inuq              (Divisi Internal)

               Dewi Nurhayati            (DivisiEksternal)