Bidang Olahraga

3.021 Peserta Ramaikan Gubernur Kaltim 10 K

Dispora Management | Senin, 16 Februari 2015 - 14:25:14 WIB | dibaca: 1006 pembaca

Gubernur Awang faroek Ishak menyerahkan hadiah berupa Uang pembinaan kepada Juara Pertama Kelompok elite Putra, Agus Prayogo dari Jawa Barat

SAMARINDA - Lomba lari Gubernur Kaltim 10 Kilometer Terbuka, Minggu (15/2) kemarin berjalan sukses dan lancar. Sebanyak 3.021 peserta dari berbagai daerah di tanah air ambil bagian dalam ajang tahunan tersebut.

Start lomba  dimulai pukul 6 pagi, dilakukan langsung Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, ditandai dengan tembakan dan pengibaran bendera start.  Sebelum mengangkat bendera start Gubernur memberikan sambutan. Pesan yang disampaikan diantaranya, pemasyarakatan budaya gerak dengan menggunakan olahraga sebagai media akan meningkatkan pola hidup sehat sebagai bagian kebutuhan hidup masyarakat. Dengan demikian, maka langsung maupun tidak langsung akan berkorelasi terhadap peningkatan kebugaran jasmani masyarakat. 

"Lomba yang dilakukan ini merupakan agenda rutin Pemprov Kaltim dalam rangkaian HUT Provinsi Kaltim ke-58. Maksud kegiatan lomba ini adalah untuk memotivasi para atlet pelajar dan masyarakat untuk selalu meningkatkan kemampuan, sehingga akan muncul pelari-pelari yang handal dan berprestasi yang dapat mengharumkan nama Kaltim," kata Awang Faroek di depan Kantor Gubernur Kaltim.

Acara juga dihadiri Plt Setprov Kaltim H Rusmadi, Asisten pemerintahan Aji Sayid Fatur Rahman, Asisten Ekonomi Pembangunan dan para pejabat di lingkup Pemprov, Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya, serta undangan lainnya.

Gubernur mengatakan, dampak lain yang ingin dicapai melalui lomba Gubernur Kaltim  Lari 10 Kilometer terbuka adalah makin dikenalnya  Provinsi Kaltim sebagai daerah tujuan  wisata dan tujuan investasi.

Sedangkan kepada para peserta Gubernur meminta agar semua berlaku sportif dan jujur. "Diharapkan kepada seluruh peserta  agar bersikap sportif dan jujur dengan mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan, " kata Awang Faroek.

Sementera, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Fachruddin Jafrie dalam laporannya mengatakan, jumlah peserta lari Gubernur Kaltim 10 kilometer terbuka sebanyak 3.021 peserta, terdiri kategori elite (nasional) sebanyak 68 peserta,  veteran  155  peserta, TNI/ Polri 450 peserta,  umum   1.127 peserta dan  pelajar  1.222 peserta. Jumlah peserta tahun ini, meningkat 168 persen, dibanding tahun lalu  yang hanya diikuti 1.700 peserta.

"Total hadiah sebesar Rp400 juta, khusus bagi pemecah rekor nasional  mendapat tambahan Rp150 juta untuk pelari putra dan Rp100 juta untuk pelari putri," kata Fachruddin Jafrie.

Hasil pemenang untuk kategori Elite Putra  1. Agus Prayogo (Jabar),  2. Atjong Tio (Yonif Jatim), 3. Ridwan (NTB), 4. Hamdan Eli (Sumbar), 5. Wiliam Lakolo (Secapa AD Jabar), 6. Sutikno (Jatim), 7. Heranto Rago (Sulsel), 8. M Taufik (Jabar), 9. Masiang (Kalsel), 10. Ahmad Rifai (Kalsel).

Kategori  Elite Putri, 1. Rini Budiarti (DKI Jakarta), 2. Yulianningsih (Jatim), 3. Olivia Sadi (NTT), 4. Odekta  Vina (DKI Jakarta), 5. Rumini S (Aceh),  6. Sarkiah (Kalsel), 7. Irma (Mahulu), 8. Aulia (Smd), 9. Dikna (Samarinda), 10. Asih (Samarinda).

Kategori Umum Putra 1. Fredi (Kukar), 2. Ahmad Zaky (Kubar), 3. Hendi (Balikpapan).

Katagori Umum Putri, 1. Fery Subnafeu (Dispora Kukar), 2.Sindy Lolita (Berau), 3. Feby Mamuaya (Kukar)

. Kategori Veteran Putra, 1. Oesis Kamlase (Bali), 2. Suyono (Jabar), 3. Midianto (Probolinggo).

Kategori Veteran Putri, 1. Absaria Sinaga (Jakarta), 2. Siti Muawanah (Jateng), 3. Ningsi Sumadi (Jakarta).

Kategori TNI/Polri Putra, 1.Nico Sila, 2. Herlanto Raego (Wirabuana Sulsel), 3. Sa'ikin (Secapa AD).

Katagori TNI/Polri Putri, Supriati Sutono (Secapa AD), 2. Yanita (Secapa AD), 3. Rachel (Secapa AD).

Kategori Pelajar Putra, 1. Dasmin (SKOI  Samarinda), 2. Rustam (MAN Tenggarong), 3. Supriyadi (SMAN 9 Samarinda).

Kategori Pelajar Putri, 1. Nur Haliza (Bontang), 2. Alvina Damayanti (Balikpapan), 3. Rara Fitrianita S (Pasi Kukar).

(hmsprov)