KEJUARAAN PANAHAN PELAJAR PEREBUTKAN PIALA GUBERNUR 

SAMARINDA-Panahan menjadi cabang olahraga yang mempersembahkan medali emas terbanyak bagi Kalimantan Timur di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) tahun 2019 lalu.
Hal ini yang mendasari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar Kejuaraan Panahan antar Pelajar yang memperebutkan Piala Gubernur.
Kepala Dispora Kaltim Agus Tianur melalui Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Masturi Akbar T menyampaikan bahwa kejuaraan ini dimaksudkan untuk melihat dan memantau potensi atlet panahan di tingkat pelajar sebagai langkah pembinaan atlet usia dini khususnya pelajar.
"Kita berharap dari kejuaraan ini ada gambaran atlet-atlet potensial yang nantinya akan kita follow up untuk membela Kalimantan Timur di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional mendatang di Sumsel-Babel,"jelasnya.
Disampaikannya, bahwa selama kejuaraan peserta dan seluruh yang terlibat wajib mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan oleh Gugus Tugas Covid 19.
"Panahan ini kita pilih karena tidak ada kontak fisik langsung antar peserta, dan area perlombaan harus steril, hanya peserta dan wasit yang boleh masuk area lomba, kita ketat  untuk kepentingan bersama,"jelasnya.
Kejuaraan panahan tingkat pelajar ini sekaligus dimaksudkan sebagai pioner kejuaraan olahraga yang menerapkan protokol kesehatan di era pandemi.
"Peserta nantinya selain mendapat medali juga akan menerima piagam penghargaan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, ini jelas bergengsi dan tentu memutis dahaga pemanah-pemanah junior di bumi mulawarman,"tambahnya.
Adapun nomor yang akan dilombakan Divisi Nasional (Standar Bow) Pra Junior, Divisi Nasional (Standar Bow) Junior, Divisi Recurve Junior 30 M, Divisi Compound U-16 serta Pemula 5 M.
Waktu pelaksanaan menurut Masturi Akbar T masih menunggu jadwal ujian sekolah, tapi yang pasti akan dilaksanakan di medio bulan April sebelum Ramadhan.
"Kita masih berkoordinasi dengan sejumlah pihak khususnya terkait ujian sekolah, karena peserta kita adalah pelajar, in sya Allah dalam waktu dekat jadwal pastinya, namun pendaftaran sudah kami buka,"katanya.
Untuk pendaftaran peserta dapat menghubungi narahubung panitia pelaksana sdr. M Ali Sofian di nomor HP +62 811-5022-555. (rdi/ppiddisporakaltim)