KADISPORA KOORDINASI SPORT TOURISM DENGAN BUPATI BERAU

TANJUNGREDEB-Mengembangkan Sport Tourism atau olahraga yang memberikan atau menonjolkan efek wisatanya, saat ini telah menjadi fenoemana dan mulai berkembang serta dilakukan banyak negara dan provinsi di tahan air.

Jawa Tengah contohnya melaksanakan event Borobudur Marathon serta  tour de singkarak Sumatera Barat yang merupakan kejuaraan balap sepeda resmi tahunan dari Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International) yang diikuti ribuan peserta dari manca  negara, dan puluhan ribu dari dalam negeri.

Hal ini yang menndorong Kepala Dispora Kaltim, Agus Tianur, untuk mengembangkan sport tourism di benua etam mengingat  dampak pengganda (multiplier effect) bagi dunia wisata dan ekonomi rakyat sangat terasa.

“Dari sisi alam dan sarana transportasi yang terdapat di Provinsi Kaltim event ini sangat memungkinkan untuk dilaksanakan dan sebagai agenda tahunan, lebih-lebih dengan dititetapkannya Kaltim sebagai Ibukota Negara, saya yakin upaya tersebut semakin memiliki potensi dan peluang untuk dilaksanakan,”jelas Agus saat bertemu Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas di rumahnya, Senin (8/3/2021)

Didampingi Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga, Masturi akbar T serta Ketua Umum Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) Kalimantan Timur, Teddy Abay, Agus menyampaikan bahwa potensi yang memiliki peluang besar untuk mengembangkan sport tourism adalah olahraga layar yang sudah tumbuh berkembang di Kecamatan Tanjung Batu Berau.

“Kita ketahui bersama bahwa dari Tanjung Batu dan telah banyak melahirkan atlit-atlit nasional dan internasional yang berasal dari anak-anak muda setempat. Perlu diketahui olahraga layar memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan sebagai sport tourism, dimana peminatnya beragam dan lintas usia,”jelasnya.

Teddy Abay menambahkan rencananya sport tourism bertajuk Pekan Olahraga Pesisir Indonesia akan dilaksanakan triwulan akhir 2022 di Maratua atau Biduk-Biduk dengan jenis olahraganya diantaranya layar, sepeda, selam, kabadi, triathlon, voli pantai, sepakbola pantai, dan bola tangan pantai.

“Skalanya nasional, namun rencananya kita akan mengundang sejumlah Negara ASEAN,  juga asean, untuk itu kami laporkan Bu Bupati kegiatan ini perlu dukungan pemerintah,”jelas Teddy.

Masturi menambahkan, Dispora Kaltim mengharapkan dukungan lintas sektor seperti Dinas Pariwisata, Dinas Perdagangan, Koni, serta tetunya hingga ke kementerian terkait.

Pada kesempatan tersebut, Agus Tianur juga menyampaikan agar Pekan Olahraga Pelajar (POPDA) Daerah dapat tetap terlaksana di Kabupaten Berau serta Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) 2022.   

Menanggapi hal ini, Sri Juniarsih Mas mengatakan akan berkoordinasi kembali dengan intanasi terkait termasuk Koni dan Dispora Berau.

“Kami akan rapat koordinasi dengan pihak terkait, hasil rapat akan kami sampaikan ke Dispora Kaltim. Terkait rencana sport tourism tentu hal ini merupakan kegiatan positif yang sangat baik untuk mengembangkan prekonomian masyarakat, tolong dipersiapkan dengan baik,”pesannya.

Dirinya mengharapkan Pekan Olahraga Pesisir ini dapat terlaksana karena ini merupakan suatu momen untuk mempromosikan destinasi wisata Berau yang mempunyai berbagai destinasi berupa pulau-pulau.

“Kondisi pandemi ini cukup membuat turunnya prekonomian masyarakat, Saya berharap event ini terlaksana sehingga mampu mengangkat perekonomian masayarakat setempat dengan meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara,”tutupnya. (rdi/ppiddisporakaltim)