Sejarah Singkat Dispora Prov. Kaltim

Natal Parlindungan S | Rabu, 07 Mei 2014 - 14:11:26 WIB | dibaca: 2854 pembaca

DASAR PEMBENTUKAN 
DAN TUPOKSI DISPORA PROV. KALTIM


A. Dasar Pembentukan Organisasi

Pembentukan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur merupakan unsur pelaksana Pemerintahan Provinsi di Bidang Pemuda dan Olahraga yang berada dibawah dan bertanggungjawab Kepada Gubernur Kalimantan Timur melalui Sekretaris Daerah. Dasar pembentukan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur ditetapkan dengan Keputusan Gubernur Kalimantan Timur Nomor. 08 Tahun 2008 tentang pembentukan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas – Dinas Daerah Provinsi Kalimantan Timur dan kemudian di tetapkan kembali Peraturan Gubernur Nomor 45 Tahun 2008 tentang Penjabaran Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Kalimantan Timur. 

B. Aspek Strategis Organisasi
Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur mempunyai tugas yang cukup strategis untuk menjalankan fungsi pemerintahan dibidang kepemudaan dan di bidang keolahragaan. Sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalimantan Timur 2009 – 2013. Salah satu kebijakan umum dibidang kepemudaan dan keolahragaan adalah Meningkatkan peran serta pemuda dalam pembangunan dan peningkatan prestasi olahraga.

C. Tugas Pokok dan Fungsi
Berdasarkan Keputusan Gubernur Kalimantan Timur Nomor 45 Tahun 2008, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan pemerintah daerah di bidang Pemuda dan Olahraga berdasarkan azas otonomi dan tugas pembantuan. Untuk menyelenggarakan tugas pokok tersebut, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur mempunyai fungsi :
a. Perumusan Kebijakan teknis bidang Pemuda dan Olahraga sesuai dengan rencana strategis yang ditetapkan pemerintah daerah;
b. Perencanaan, Pembinaan dan Pengendalian Kebijakan teknis bidang Pemuda dan Olahraga;
c. Penyelenggaran urusan pemerintah dan pelayanan umum bidang Pemuda dan Olahraga;
d. Perumusan, Perencanaan, Pembinaan dan Pengendalian Kebijakan Teknis Kepemudaan;
e. Perumusan, Perencanaan, Pembinaan dan Pengendalian Kebjakan Teknis Kewirausahaan Pemuda dan Industri olahraga;
f. Perumusan, Perencanaan, Pembinaan dan Pengendalian Kebjakan Teknis Keolahragaan;
g. Penyelenggaraan urusan kesekretariatan;
h. Pelaksanaan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD);
i. Pembinaan kelompok jabatan fungsional;
j. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya;