YOUTH MOVEMENT, GELAR KARYA DAN PRODUK WARNAI HARI SUMPAH PEMUDA DI KALTIM

SAMARINDA-Rangkaian Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91 tahun 2019 tingkat Provinsi Kalimantam Timur dipastikan meriah dengan beragam kegiatan yang melibatkan komunitas dan organisasi kepemudaan.

Seperti yang dilaksanakan pada Sabtu (26/10) di halaman Kantor RRI Jalan M Yamin Samarinda, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim bersama komunitas dan organisasi pemuda sebagai mitra Dispora mengadakan "Youth Movement, Gelar Karya dan Produk". 

Kadispora Kaltim, Syirajudin, memberikan apresiasi kepada komunitas dan organisasi pemuda yang telah aktif dan mempersiapkan kegiatan ini sehingga dapat terlaksana dengan melibatkan sejumlah wirausaha muda serta pemuda-pemuda kreatif dengan berbagai potensi dimilikinya.

"Atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim, saya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas peran mitra Dispora Kaltim yang terus menerus berinisiasi menghasilkan program-program menyentuh langsung ke masyarakat dengan keterlibatan pemuda secara aktif,"kata Kadis yang dikenal murah senyum ini.

Dalam Festival dan gelar Produk ini lanjutnya, pengunjung dapat melihat langsung bergam produk dan karya buah tangan pemuda Benua Etam yang tak hanya dipasarkan di Kaltim namun juga beberapa telah dipasarkan ke berbagai daerah di tanah air.

"Kami berharap agar pengunjung yang berusia muda dapat termotivasi untuk turut berwirausaha dan menghasilkan kreatifitas produk yang memiliki nilai jual di pasaran, disamping itu tentunya kita semua berharap ada diantara pengunjung yang tertarik berinvestasi dan memberikan modal usaha bagi pemuda-pemuda Kaltim sehingga dapat berbicara banyak di dunia usaha,"harapnya.

Juliah, Ketua Panitia Pelaksana Youth Movement, Gelar Karya dan Produk, mengatakan dalam kegiatan yang di support penuh Dispora Kaltim dan RRI Samarinda ini akan diisi dengan Performance Talent, gelar produk wirausaha pemuda, diskusi tentang "Young Inspiration" dan pertunjukan kopi.

"Diskusi ini akan memberikan gambaran bagaimana pembicara Michael Angelo Ryanto Chaniago, pemilik Karma Speciality Coffee and Indie Creative, membangun usahanya sehingga mampu memotivasi sekaligus bertukar pemikiran kewirausahaan,"kata Perempuan yang aktif di Komunitas Sahabat Hati Pelita Bunda Samarinda itu.

Kegiatan Youth Movement, Gelar Karya dan Produk sendiri akan berlangsung selama 2 hari, Sabtu-Minggu, 26-27 Oktober 2019 dari pukul 09.00 pagi hingga 22.00 malam. 

Pada kesempatan tersebut, Dispora Kaltim memberikan penghargaan kepada Pemuda Berpretasi, Organisasi dan Komunitas Pemuda diantaranya Penghargaan Mitra Teraktif kepada Komunitas Sahabat Pelita Bunda, Forum Kewirausahaan Pemuda Kaltim, dan Pemuda Relawan Indonesia.

Forum Pemuda Disabilitas Kreatif (FPDK) Kaltim mendapat penghargaan Partisipan Aktif Dispora Kaltim, dan Nominator Duta Wirausaha Muda Pemula masing-masing kepada Desy Gamelina, Indah Purnamasari, Flora Irawati dan Johan Irawan (rdi)