WUJUDKAN OLAHRAGA SEBAGAI GAYA HIDUP MANUSIA INDONESIA MODERN

* Dialog Pembudayaan dan Prestasi Dan Budaya Olahraga Se-Kaltim tahun 2019

Sebagai upaya menampung aspirasi masyarakat yang berkaitan prestasi dan budaya olahraga di Provinsi Kalimantan Timur serta menyusun langkah-langkah dan kebijakan pembinaan olahraga di Kaltim, Dinas Pemuda dan olahraga Provinsi Kaltim menggelar Dialog Prestasi dan Budaya Olahraga se-Kalimantan Timur tahun 2019, yang berlangsung di Hotel Harris Samarinda, Rabu (10/7).

Dalam kegiatan tersebut, hadir sebagai narasumber diantaranya Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Timur, Alfons T Lung, Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kalimantan Timur, M Ali Hanafiah serta Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Ego Arifin dan Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kaltim, Dester.

Kadispora Kaltim, Syirajudin, dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Hardiana Muriyani, menyampaikan bahwa sasaran kegiatan ini adalah terwujudnya pencapaian prestasi olahraga maksimal pada semua cabang olahraga dan terwujudnya minat masyakat secara merata dalam membudayakan olahraga.

"Kesemuanya itu kita harapkan dapat membuat Provinsi Kalimantan Timur terdepan dalam pembangunan keolahragaan yang sinergis dengan semua pihak, terarah dan tepat sasaran, dan melalui pembinaan olahraga yang sistematis, kualitas SDM dapat diarahkan ke arah peningkatan pengendalian diri, tanggungjawab, dan disiplin sehingga pembangunan olahraga perlu mendapat perhatian yang proporsional melalui perencanaan dan pelaksanaan yang sistematis hingga akhirnya bermuara pada ketahanan bangsa,"katanya.

Lebih lanjut disampaikannya bahwa pembinaan dan pengembangan olahraga dilaksanakan dan diarahkan untuk memassalkan olahraga sebagai upaya pengembangan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan kesehatan, kebugaran, kegembiraan, dan hubungan sosial, hal ini selaras dengan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

"Sementara itu di bidang peningkatan prestasi olahraga, saya mengajak kita semua untuk mewujudkan olahraga sebagai gaya hidup manusia Indonesia modern. Dengan berolahraga, hidup kita menjadi lebih sehat, gembira, dan kerja akan lebih produktif. 

Perlu diingat anak-anak yang menjadi masa depan bangsa ini apabila dalam keadaan sehat dan gembira, maka ke depan Indonesia akan memiliki jutaan bibit-bibit unggul SDM berkualitas, dan tentunya bukan tidak mungkin diantaranya terlahir olahragawan yang menjadi tulang punggung tim nasional Indonesia untuk berbagai cabang olahraga,"lanjutnya.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur terus berkomitmen dan memberi apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang turut membangun keolahragaan di Kalimantan Timur, dan Dispora Kaltim sebagai Organisasi Perangkat daerah (OPD) yang salah satu fungsinya adalah perencanaan, pembinaan, dan pengendalian kebijakan teknis, memiliki tanggung jawab dalam mensukseskan pencapaian tersebut. (RDI)