WIRAUSAHA MUDA KALTIM HARUS MAMPU BERSAING DAN BERDAGUNA MAJUKAN PEREKONOMIAN

TANJUNG REDEB-Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Hardiana Muriyani, didaulat menjadi narasumber pada Pelatihan Kewirausahaan Pemuda yang dihelat Dispora Kabupaten Berau. 

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Asisten I Sekkab Berau, Datu Kesuma, Rabu (3/9) tersebut, dilangsungkan di Hotel Grand Parama dengan mengundang 30 pemuda dari empat kecamatan terdekat yakni Kecamatan Teluk Bayur, Kecamatan Gunung Tabur, Kecamatan Tanjung Redeb dan Kecamatan Sambaliung.

Hardiana menyemangati para peserta, untuk meningkatkan kualitas dirinya agar ke depan dapat bersaing dan berdayaguna, terlebih lagi ketika nantinya Ibukota Negara telah di Kaltim, jangan sampai kalah bersaing dengan sdm pemuda yang datang dari luar Kaltim.

"Pemuda harus tampil dan berada digaris terdepan dalam memajukan khususnya perekonomian di daerahnya dan membuka lapangan kerja baru, kalian saya yakin bisa mengembangkan potensi yang dimiliki sekaligus secara langsung akan menjadi solusi mengatasi minimnya lapangan pekerjaan ditengah persaingan global yang makin kuat dan ketat,"pesannya. 

Pelatihan ini adalah langkah awal untuk mempersiapkan kalian menjadi wirausaha tangguh dan berdaya saing, sebagaimana tujuan kegiatan ini untuk terus mendorong dan memotivasi pemuda untuk berwirausaha.  

"Semakin banyak pemuda yg berminat bergelut ke bidang usaha, selain solusi mengatasi pengangguran tentunya juga sebagai upaya menyiapkan SDM Kaltim dan Nasional yang mampu bersaing menyongsong terjadinya bonus demografi penduduk usia muda yg semakin banyak di tahun 2020 hingga 2030 mendatang,"tambahnya.  

Di akhir pelatihan dilakukan pemilihan Ketua dan Pengurus Forum Kewirausahaan Pemuda Kabupaten Berau yang menjadi wadah bagi Pemuda Berau untuk saling berkolaborasi, saling berbagi pengetahuan, pengalaman, wawasan, dan jaringan sehingga dapat maju bersama melalui dunia usaha. (rdi)