WAGUB SIAPKAN KOCEK PRIBADI UNTUK PERAIH MEDALI POPNAS

Wakil Gubernur Kalimantan Timur menyiapkan bonus khusus dari kocek pribadinya bagi peraih medali di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) ke XV yang akan berlangsung di Jakarta 14 hingga 25 November 2019 mendatang.

Hal ini diungkapkan Wagub saat melepas Kontingen Pelajar dan Pelatih Kalimantan Timur sebanyak 160 orang di Aula Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur Kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda.

"Emas, Perak dan Perunggu akan saya apresiasi secara pribadi, jadi kalian harus bertanding secara bersungguh-sungguh demi Kalimantan Timur. Keluarkan kemampuan terbaik kalian saat bertanding sehingga hasil yang kalian raih akan maksimal dan bisa mengharumkan nama Benua Etam di event nasional kali ini,"ujarnya.

Wagub pun meminta atlet menjaga kondisi fisik dan yang terpending adalah menjunjung tinggi sportivitas olahragawan dalam setiap pertandingan, karena bagaimanapun persaudaraan adalah yang utama di atas segalanya.

"Bertandinglah dengan sportif, karena siapapun lawannya adalah saudara-saudara kalian dari berbagai penjuru tanah air. Dan kepada Dispora Kaltim, terimakasih telah menyiapkan atlet dengan baik dan berkoordinasi dengan Pengprov cabor, walaupun berdasarkan laporan Kadispora tadi bahwa tidak ada pemusatan latihan khusus sebelum keberangkatan POPNAS tahun ini," tambahnya.

Terkait hal tersebut, Wagub pun berjanji akan mengawal ketersediaan anggaran bagi pemusatan latihan atlet-atlet pelajar di POPNAS 2 tahun mendatang.

Sementara itu Kadispora Kaltim, Syirajudin dalam laporannya menyampaikan bahwa 65% kontingen Kaltim berisikan atlet-atlet pelajar dari Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) dan Pusat Pembinaan Latihaan Pelajar (PPLP).

"Persiapan mengikuti POPNAS sudah dilakukan oleh Dispora bersama Pengurus Provinsi Olahraga masing-masing dengan persiapan yang minim dan tanpa pemusatan latihan tapi Pemerintah Provinsi Kaltim tetap Optimis karena mereka yang dikirim dianggap potensial untuk mendapatkan medali,"lapornya.

Dijelaskan bahwa atlet yang mengikuti POPNAS merupakan bagian yang tak terpisahkan dari seleksi masing-masing Cabor yang telah dipersiapkan atau cikal bakal untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua mendatang.

"Berdasarkan evaluasi dan paparan dari masing-masing Cabor beberapa waktu lalu, kami menargetkan medali  8 hingga 10 Emas serta dapat masuk 5 besar perolehan medali,"tutupnya.

Hadir pada acara tersebut sejumlah pejabat di lingkup Dispora kaltim, Pengurus Pengprov Cabor, Dispora Kota Samarinda, serta Pengurus KONI Kota Samarinda. (rdi)