Seputar Dispora

Wagub Launching Buku Statistik Pemuda 2014

Dispora Management | Kamis, 06 November 2014 - 13:44:17 WIB | dibaca: 1006 pembaca

SAMARINDA - Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP resmi melakukan launching Buku Statistik Pemuda Kaltim 2014 bertepatan dengan peringatan Sumpah Pemuda ke-86 di halaman Kantor Gubernur Kaltim ditandai dengan penandatangan gambar serta penyerahan buku.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kaltim H Fachruddin Jafrie mengatakan pembuatan buku tersebut dilakukan Dispora Kaltim bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim sepanjang tahun 2014.

“Tujuan pembuatan buku ini adalah untuk memberikan masukan dan gambaran kepada pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota se-Kaltim agar mengetahui potensi sumber daya pemuda di daerah ini,” kata Fachruddin Jafrie usai Peringatan Sumpah Pemuda ke-86 di halaman Kantor Gubernur Kaltim.

Buku tersebut berisi informasi tentang bagaimana perkembangan pemuda di Kaltim. Bahkan jumlah pemuda Kaltim yang telah bekerja maupun yang belum bekerja dan sedang mencari kerja.

Melalui buku ini, diharapkan pemerintah dapat mengambil kebijakan lebih lanjut, agar potensi yang dimiliki pemuda mampu mendukung pembangunan daerah. Apalagi, dalam buku tersebut juga dapat diketahui berapa jumlah pemuda yang telah lulus sekolah, mulai dari jenjang SD hingga S3 dan putus sekolah di daerah.

“Diharapkan ini menjadi evaluasi pemerintah dalam menyusun rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). Dengan demikian pemerintah mampu memberikan arahan kepada pemuda di daerah untuk lebih kreatif di masa akan datang. Misal, menjadi pemuda yang berwirausaha di bidang keahliannya,” jelas Fachruddin.

Menurut dia, buku tersebut tidak diperjualbelikan tetapi sebagai bahan informasi bagi pemerintah tentang perkembangan pemuda di daerah. (jay/sul/hmsprov)