WAGUB HADI: FORNAS V HARUS SUKSES, JANGAN BERI SUPAN

Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Hadi Mulyadi memimpin Rapat Sinkronisasi Panitia Penyelenggara Daerah dan Panitia Nasional yang dilaksanakan di Ruang Ruhui Rahayu, Senin (19/8) dan dihadiri oleh Ketua Formi Nasional, Hayono Isman.

"Penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi-Masyarakat Nasional harus ke-5 di Kalimantan Timur harus sukses, tri sukses yang kita canangkan yakni sukses penyelenggara & kebugaran, sukses budaya & kepariwisataan, dan terakhir sukses ekonomi kerakyatan, jangan bari supan (malu-red),"pesannya saat memberi arahan kepada seluruh panitia dan induk organisasi olahraga yang hadir.

Wagub pun meminta semua pihak untuk turut mempromosikan kegiatan Fornas ini hingga dapat diketahui masyarakat luas, apalagi kegiatan ini tak hanya olahraga rekreasi masyarakat, tapi juga ada kegiatan panggung budaya dan pameran.

"Ini kesempatan besar bagi Kalimantan Timur untuk memperkenalkan pariwisata serta berbagai panganan khas kaltim, seperti wadai amparan tatak, kemudian Pak Hayono Isman mungkin selama ini taunya jengkol dimasak sayur, di sini jengkol dijadikan kue, nah..saya minta Kadispora untuk membelikan kue jengkol ini unutk dicoba oleh Pak Hayono Isman. Saya juga minta agar semua OPD mempublikasikan kegiatan ini, khususnya Diiskominfo dan Humas dapat menggunakan media yang dikelolanya,"katanya.

Ketua Federasi Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia (Formi), Hayono Isman pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa terpilihnya Kaltim sebagai tuan rumah Fornas cukup dramatis, mengingat Kaltim justru berada di posisi paling lemah dibandingkan Jawa Barat dan Banten yang juga mengajukan diri sebagai Tuan Rumah Penyelenggara.

"Kaltim berada di posisi paling bawah di awal penentuan tuan rumah karena sebelumnya Fornas ke-4 juga diadakan di Pulau Kalimantan, seyogyanya kegiatan Fornas selanjutnya dilaksanakan di pulau lain, namun setelah tim seleksi melakukan penilaian dengan meninjau langsung kesiapan di lapangan, Sumber Daya Manusia serta pengalaman melaksanakan kegiatan Nasional, Kaltim justru mendapat nilai tertinggi sehingga kami memutuskan Kaltim sebagai tuan rumah,"jelas Hayono Isman. 

Sebelumnya Kadispora Kaltim, Syirajudin menyampaikan sejumlah langkah-langkah yang telah dan akan dilaksanakan oleh Panitia Penyelenggara di daerah, termasuk diantaranya pemasangan baleho-baleho di titik-titik strategis seperti Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMSS) Balikpapan dan Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto Samarinda.(rdi)