UNGGULI JABAR DAN BANTEN, KALTIM KEBUT PERSIAPAN TUAN RUMAH FORNAS V 2019

Semenjak dipercayanya Kalimantan Timur sebagai sebagai Tuan Rumah Penyelenggaran Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) ke 5 tahun 2019, melalui surat Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat (FORMI) Nasional nomor 001/A/FORMINAS/I/2019 tertanggal 04 Januari 2019, Dispora Kaltim bersama-sama dengan FORMI Kalimantan Timur bergerak cepat dengan melakukan sejumlah persiapan dan rapat koordinasi guna memantapkan kegiatan nasional tersebut.

Setelah pada Kamis (17/1),  Gubernur Kaltim, H. Isran Noor, di ruang kerjanya menerima secara resmi surat penunjukkan tersebut yang disampaikan oleh Wakil Sekjen Forminas, Asdiar Bachtiar, didampingi pakar olahraga rekreasi, Sri Sudono Sumarto, serta Ketua tim Verifikasi penentuan tuan rumah Fornas, Djainal A Simanjuntak, Jumat (18/1), Kadispora memimpin langsung rapat koordinasi  pdidampingi Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, Fahrullah.

"Saya harapkan agar kepercayaan nasional kepada Kalimantan Timur untuk menggelar FORNAS ke V ini dapat dipertanggungjawabkan dengan persiapan yang matang, perencanaan yang rapi, dan penyelenggaraan yang sukses, sehingga dapat memberikan rasa puas kepada seluruh kontingen yang hadir dari seluruh penjuru tanah air, disamping tentunya menjaga nama baik Kalimantan Timur," ujar Syirajudin membuka rapat yang berlangsung di Ruang rapat Dispora Kaltim, Kompleks Stadion Madya Sempaja.

Syirajudin juga menekankan agar dalam rapat ini, penting untuk dibahas adalah masalah persiapan pelaksanaan dan tanggung jawab penyelenggara Daerah serta Formi Nasional selaku Panitia Pusat nantinya, sehingga FORNAS yang merupakan ajang perhelatan Olahraga Tradisional dapat terlaksana dengan baik, lancar dan sukses sebagaimana pesan Gubernur Kaltim, H Isran Noor.

Fornas di Kaltim ini juga diharapkan tidak hanya menonjolkan pertandingan Cabang Olahraga Tradisional, namun juga dapat menjadi pesta olahraga rekreasi, pengenalan pariwisata Kaltim, pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sehingga Fornas Kaltim akan mampu membawa dampak positif dalam pembinaan ekonomi Masyasrakat.

Hadir dalam Rapat ini seluruh Kepala Seksi bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kaltim, perwakilan Formi Nasional, serta Formi Kaltim. Kaltim sendiri, akhirnya ditunjuk oleh Formi Nasional sebagai tuan rumah penyelenggara FORNAS ke 5 tahun 2019, setelah dianggap paling siap oleh tim Verifikasi penentuan tuan rumah Fornas, dengan menggungguli Provinsi Banten dan Provinsi Jawa Barat yang juga menjadi nominator tuan rumah (rdi)