TINGKATKAN KAPASITAS DIRI, PEMUDA DIAJAK MANFAATKAN IPTEK

Samarinda - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berkomitmen terhadap pengembangan kapasitas pemuda guna menyiapkan generasi penerus yang berkualitas dalam menyokong Kaltim yang berdaulat.
Salah satu upaya ke arah itu, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menyelenggarakan Pelatihan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) bagi Pemuda Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2022, di Hotel Selyca Jalan Bhayangkara, Kamis (2/6/2022).
Kegiatan ini merupakan program kerja Bidang Pemberdayaan Pemuda yang pada tahun ini mengangkat tema, "Melalui Pelatihan Literasi Digital Kita Tingkatkan Kompetensi Pemuda".
Tujuan utama dalam pelatihan IPTEK pemuda kali ini adalah untuk menambah informasi dan pengetahuan serta membantu mempermudah pekerjaan dalam kegiatan sehari-hari.
"Kesempatan untuk menjadi kaya melalui literasi digital semakin terbuka dan kebanyakan mereka adalah anak muda," ungkap Kadis Pemuda dan Olahraga Kaltim Agus Tianur mengawali sambutannya.
Dengan adanya IPTEK, pengetahuan pemuda mengenai teknologi akan berkembang dan pemuda akan paham dengan berbagai teknologi yang ada saat ini.
"Adanya IPTEK merupakan suatu pendukung untuk menyebarkan segala informasi dan pengetahuan mengenai berbagai teknologi yang ada saat ini dan kemungkinan teknologi yang akan diciptakan di masa depan," Tambahnya.
Pria yang pernah menjabat sebagai Kabid Pemberdayaan Pemuda ini juga berharap adanya transfer knowledge dari nara sumber ke peserta untuk meningkatkan kapasitas, kapabilitas dan produktivitas pendayagunaan IPTEK dalam menumbuhkan perekonomian yang berdampak kepada peningkatan kesejahteraan.
"Disamping itu, kalian harus serta memiliki kedisiplinan dan motivasi serta kreativitas yang tinggi untuk mengikuti rangkaian kegiatan pelatihan Ilmu Pengetahuan dan teknologi.
Peserta yang diikuti 160 orang, secara luring  30 orang dan secara daring 130 orang ini menghadirkan nara sumber diantaranya Zainal Aminin Asped Iptek dan Imtaq Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI, Muhammad Faisal, Kadis Kominfo Kaltim, Fahrist Setianto UMKM Shoope Samarinda dan Ali Irfani Ketua DPP Gerakan Kreatifitas. (rdi/ppiddisporakaltim)