TINDAKLANJUTI SK GUBERNUR, BIDANG PENGEMBANGAN PEMUDA KUNJUNGI UPTD P3UKM

Guna menindaklanjuti SK Gub Kaltim no 427/K.21/2019 tentang Pembentukan Tim Koordinasi Strategi Lintas Sektor Penyelenggara Pelayanan Kepemudaan Provinsi Kaltim tahun 2019-2023, Bidang Pengembangan Pemuda melakukan kunjungan ke UPTD Pusat Pengembangan dan promosi UKM Disperindagkop Kaltim, menjajaki peluang kerjasama utk pelatihan Ketrampilan pemuda.

Di tempat ini, rombongan yang dipimpin Kabid Pengembangan Pemuda, Hardiana Muriyani, didampingi Kasi Organisasi dan Kepramukaan, Nunung Suryani, beserta sejumlah staf, melihat langsung pelatihan pembuatan anyaman rotan, kursi rotan dan pembuatan kramik grabah.

Menurut Hardiana, perlu pro aktif semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun lembaga di lingkungan Provinsi Kaltim, untuk serius mengangkat pelayanan kepemudaan dengan melakukan sinergitas lintas sektor penyelenggaraan program kegiataan yg sasarannya adalah pemuda.

"Apa yang kamj lakukan saat ini adalah sebagai upaya nyata untuk mewujudkan misi pertama Bapak Gubernur Kaltim yakni berdaulat dalam pembangunan sumber daya manusia yang berakhlak mulia dan berdaya saing, terutama perempuan, pemuda dan penyandang disabilitas,"ujarnya.

Dijelaskan Hardiana, bahwa tugas tim ini diantaranya sebagai pengarah yakni memberikan arahan dan pembinaan kepada pelaksana dan melakukan evaluasi kinerja terhadap pelaksana. Sementara sebagai pelaksana mengkoordinasikan kebijakan, program dan kegiatan untuk mendukung pelayanan kepemudaan.

"Di samping itu,  OPD atau lembaga yang bertugas sebagai pelaksana, juga memiliki tugas mengkoordinasikan perencana, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi atas pelaksanaan pelayanan kepemudaan, kemudian juga melakukan sinergi melalui sinkronisasi, harmonisasi dan integrasi program penyelengaraan pelatan kepemudaan, dan menyampaikan laporan kinerja kepada pengarah,"pungkasnya.