TINDAKLANJUTI KERJASAMA, UNY YOGYAKARTA LAKUKAN KUNJUNGAN KERJA KE DISPORA KALTIM

Sebagai bentuk tanggungjawab dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, Dispora Kaltim menjalin kerjasama untuk meningkatkan hubungan kemitraan dalam rangka pelayanan kepemudaan dan keolahragaan sejak beberapa tahun yang lalu dan dilakukan perpanjangan dalam bentuk nota  kesepahaman baru.

Beberapa kerjasama yang telah dilakukan diantaranya program magang pemuda untuk meningkatkan beberapa keterampilan di Universitas Negeri Yogyarta (UNY), dimana peningkatan kerjasama dilakukan melalui program aksi yang lebih produktif dan implementatif. Salah satunya dengan adanya Jalur kerjasama akan mempermudah dalam hal masuk perguruan tinggi serta dalam hal pendampingan program kegiatan.

Kamis (24/1), bertempat di ruang rapat Dispora Kaltim, guna menindaklanjuti kerjasama tersebut, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNY, Prof. Dr. Siswantoro, M.Kes, AIFO melakukan pertemuan dengan Kadispora Kaltim, Syirajuddin, didampingi Kabid Pengembangan pemuda, Hardiana Muriyani, guna menindaklanjuti Nota Kesepahaman Untuk pelayanan Kepemudaan dan keolahragaan yang telah dilakukan penandatanganannya di Yogyakarta februari 2018 lalu.

"Kami berharap agar selain kerjasama yang telah ada dengan Dispora Kaltim saat ini, UNY juga melakukan kerjasama yang lebih luas dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk bidang-bidang pembangunan lainnya, sehingga terjadi peningkatan SDM yang merata di segala bidang,"harap Syirajuddin ketika membuka pertemuan  yang juga dihadiri Kepala Balitbangda Provinsi Kaltim Eddy Kuswadi beserta peneliti dari Balitbangda, Zhikry serta sejumlah wirausahawan muda binaan Dispora Kaltim.

Hal ini disambut baik Siswantoro, yang akan melakukan sejumlah langkah menindaklanjuti harapan yang disampaikan Kadispora Kaltim. Dikatakannya UNY merupakan salah satu perguruan tinggi yang telah mendapat akreditasi A dan memiliki Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) yang cukup berhasil dibeberapa bidang dan melakukan kerjasama dan pendampingan dengan pemerintah daerah lainnya.

"Harapan Bapak Kadispora akan segera kami tindaklanjuti, LPPM UNY yang merupakan salah satu lembaga pelaksana akademik yang bertugas melaksanakan tugas pokok dan fungsi Universitas Negeri Yogyakarta dalam bidang penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, akan mempelajari dan melakukan kajian mendalam untuk beberapa bidang yang dapat dikerjasamakan dalam upaya peningkatan SDM Kaltim,"katanya.

Hardiana Muriyana menyampaikan bahwa ruang lingkup kerjasama Dispora dengan LPPM Uny ini meliputi Bidang Kepemudaan yang terdiri dari pendidikan, pelatihan pengkajian, penelitian Sumber Daya Pemuda, tenaga kepemudaan formal dan non formal, penelusuran dan pemanfaatan IPTEK, pemanfaatan Tekhnologi tepat guna, Kewirausahaan, Disabilitas, dan Tekhnologi Industri.

"Untuk bidang keolahragaan selain penidikan dan pelatihan, juga terdiri atas peningkatan SDM dan tenaga keolahragaan, sarana prasarana pembudayaan olahraga, olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga tradisional, olahraga prestasi, olahraga pariwisata, dan industri olahraga, serta hal lain yang terkait,"jelasnya (rdi)