TIGA DELEGASI KALTIM UNTUK KPN SAIL NIAS 2019 TERPILIH

Setelah melalui sejumlah tahapan proses penjaringan dan seleksi yang ketat, tiga delegasi Kaltim untuk program Kapal Pemuda Nusantara (KPN) Sail Nias 2019 terpilih.

Ketiganya, masing-masing Santo Michael Sihombing asal Samarinda, Mardiana Doq asal Mahakam Ulu dan Sarmiyah asal Paser, berhasil mengungguli 47 pemuda lainnya berdasarkan penilaian tim seleksi yang terdiri dari DPD KAKPN Kaltim, Aktivis atau Penggerak Organisasi, Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman, serta dari TNI AD.

"Kami ucapkan selamat atas terpilihnya delegasi Kaltim di Kapal Pemuda Nusantara Sail Nias 2019, kami harap kalian mampu menjadi humas dan mempresentasikan Kaltim dengan maksimal baik itu ragam budaya, pariwisata, adat istiadat dan etnik. Disamping itu yang paling penting adalah mempromosikan potensi bahari, hasil laut dan wisata laut Kaltim kepada peserta dari dalam negeri maupun luar negeri, sehingga mereka tertarik untuk datang ke Kaltim,"kata Kadispora Kaltim, Syirajudin, dalam sambutannya yang disampaikan Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, Agus Tianur, ketika menutup kegiatan seleksi tersebut, Kamis (8/8) di Ruang Studio Dispora Kaltim.

Kepada peserta lain yang belum lolos seleksi, Kadispora menyampaikan ucapan terimakasih sudah mengikuti seleksi, dan berdasarkan penilaian tim seleksi, point yang dicapai masing-masing hanya terpaut sedikit dari 3 besar yang lolos.

"Jangan patah semangat dan berkecil hati, karena point kalian hanya terpaut sedikit dengan rekan-rekan kalian yang lolos, hal ini menggambarkan bahwa kemampuan yang kalian miliki cukup berimbang. Masih sangat luas kesempatan yang dapat kalian raih didepan, termasuk untuk seleksi KPN tahun 2020, yang saya yakin dan percaya kalian akan jauh lebih siap dan matang dibanding saat ini,"tambahnya.

Menutup sambutannya, Agus Tianur yang didampingi Kasi Peingkatan Wawasan dan Kapasitas Pemuda Dispora Kaltim, Erni Rofiqoh, meminta DPD Korps Alumni KPN melakukan pendampingan dalam rangka lebih mempersiapkan peserta yang lolos sebaik-baiknya sebelum mengikuti program.

"Saya harap DPD Korps Alumni KPN Kaltim terus melakukan pendampingan dalam rangka menyiapkan peserta yang lolos lebih baik lagi, dan tentunya atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim, kami mengucapkan terimakasih atas dedikasi yang luar biasa yang telah ditunjukkan para alumni hingga proses seleksi dapat berjalan sukses,"tutupnya.

Program Kapal Pemuda Nusantara dan Sail Nias 2019 sendiri merupakan merupakan salah satu program kepemudaan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yang melibatkan pemuda berusia 16-30 tahun dari 34 Provinsi di tanah air.

Dan untuk Kaltim, tahapan seleksi yang harus diikuti peserta meliputi seleksi psikotes, wawasan kebangsaan, pengetahuan perikanan dan kelautan, wawasan kedaerahan, tes kesehatan, tes samapta, serta tes wawancara termasuk presentasi proposal potensi kebaharian Kaltim dan seni budaya. (rdi)