TERAPKAN EFISIENSI DALAM SETIAP PERJALANAN DINAS

SAMARINDA-Kepala DInas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur diwakili Kasubbag Umum Heni Setiawati dan Kasubbag Keuangan Hastuti Parianty menghadiri sosialisi Peraturan Gubernur Nomor 3 tahun 2021 Kalimantan Timur tentang Perjalanan Dinas.

Dalam sosialisasi yang dilakukan secara virtual  tersebut, disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kaltim, Muhammad Sa`duddin,  didampingi Kabid Anggaran , Iwan Darmawan, bahwa kegiatan ini membahas tentang perubahan kedua atas Peraturan Gubernur Kalimantan Timur Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Dinas di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Sejumlah perubahan diantaranya dimasukannya biaya tol dan pemeriksaan kesehatan swab  untuk kepentingan perjalanan dinas ke dalam biaya yang bisa di ganti.

Dalam penjelasannya Sa'duddin mengatakan bahwa perjalanan dinas adalah kegiatan yg dilakukan oleh setiap perangkat daerah yang biayanya di ganti oleh pemerintah sesuai dengan tingkat kewajaran dan kepatutan sebagaimana diatur dalam peraturan yang berlaku seperti Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 33 tahun 2020 tentang Standar Harga Satuan Regional.

"Jangan sampai kegiatan perjalanan dinas ini menjadi ajang mencari tambahan penghasilan, karena unsur yang paling utama adalah pembiayaan, maka prinsipnya jika tidak ada biaya atau anggaran nya, sepenting apapun kegiatan perjalanan dinas itu jika tidak ada biaya, jangan dilakukan" ujarnya.

Dirinya pun mengajak seluruh yang hadir dalam sosialisasi ini dapat melakukan efisiensi semaksimal mungkin dalam kegiatan perjalanan dinas ini, sehingga berdampak langsung kepada meningkatnya pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan di daerah. (fad/rdi/ppiddisporakaltim)