TANPA APBD, PENJABAT SEKDA SALUT PROGRAM INOVATIF DISPORA SATUKAN PEMUDA KREATIF

Pejabat Sekretaris Daerah Pemprov Kalimantan Timur, DR. H. Meiliana, mengaku salut dengan Dispora Kaltim yang mampu menggelar dan mempersatukan pemuda-pemuda kreatif di Kaltim dengan hasil produknya yang inovatif dan memiliki nilai jual dalam sebuah ajang bertajuk Festival Pemuda Kreatif dan Gelar Produk Wirausaha Pemuda yang mampu menggalar dan mempersatukan pemuda-pemuda kreatif di Kaltim dengan hasil produknya yang inovatif dan memiliki nilai jual.

Kesalutan Meilina bertambah setelah mengatahui bahwa kegiatan yang menyedot animo masyarakat dengan menggeral 20 stand pameran produk wirausaha muda ini, tidak menggunakan dana apbd dan tidak terdalam Rencana Kerja Anggaran Dispora Kaltim.

“Apa yang dilakukan Dispora patut menjadi contoh bagi Organisasi Perangkat  Daerah (OPD) lain di Pemprov Kaltim, bahwa untuk terus memberikan pelayanan kepada masyarakat dan melakukan pembinaan tak harus tergantung dengan APBD, namun OPD bisa berinovasi dengan menyatukan elemen-elemen penting yang terkait dan menghasilkan program kegiatan yang luar biasa seperti yang dilakukan DIspora saat ini,”kata Meiliana saat membuka kegiatan Festival Pemuda Kreatif dan Gelar Produk Wirausaha Pemud, di halaman Kantor Dispora Kaltim, Minggu (28/10).

Lebihlanjut Meiliana berpesan agar Dispora Kaltim tak henti melakukan pembinaan kepada Pemuda, mengingat pemuda merupakan generasi penerus bangsa yang akan menjadi pemegang tongkat estafet pembangunan negeri ini ke depan.

Hardiana Muriyani, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim selaku Plh. Kadispora, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan agar pemuda-pemuda kreatif dapat menunjukkan produk yang mereka hasilkan dalam satu wadah sehingga mereka dapat saling bersilaturrahmi untuk kemudian kedepannya dapat saling bahu membahu memberikan motivasi untuk maju bersama sebagai wirausaha muda yang mandiri.

“Kami menginkan agar para pelaku usaha yang masih berusia muda dapat terarah dalam berwirausaha, sehingga mereka dapat menghasilkan lapangan-lapangan kerja baru yang tentunya berimbas pada peningkatan perekonomian masyarakat secara umum,”jelas Hardiana.

Usai memukul Bassdrum sebagai tanda dibukanya kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, Meiliana didampingi Hardiana serta ketua Federasi Olahraga Rekreasi Masyrrakat idnonesia (FORMI), Encik Widyani, menikmati suguhan penampilan seni tari budaya dari ISBI Kaltim dan atraksi baris berbaris dari SMKN 4 Samarinda dan kemudian melakukan kunjungan ke standstand pameran Produk pemuda Kaltim. (rdi)