TANPA APBD, DISPORA BERSAMA PEMUDA BINAAN SIAPKAN RANGKAIAN KEGIATAN PERINGATI HSP 2019

SAMARINDA-Meskipun tanpa menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) namun sejumlah kegiatan dipastikan akan memeriahkan Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) KE-91 tahun 2019 tingkat Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda. 

Hal ini terungkap pada Rapat Persiapan Upacara Peringatan HSP-2019 yang dipimpin langsung Kadispora Kaltim, Syirajudin, Senin (7/10) di Ruang Rapat Kantor Dispora Kaltim, dengan peserta dari sejumlah organisasi pemuda yang berada dibawah binaan Dispora Kaltim diantaranya Junior Chamber International (JCI) Indonesia Kaltim, Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Kaltim, Purna Prakarya Muda Indonesia (PPMI) Kaltim, Forum Pemuda Disabilitas Kreatif (FPDK) Kaltim, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kaltim, Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Kaltim, Pemuda Relawan Indonesia (PRI) Kaltim, Pemuda Relawan Fardhu Kifayah (PRFK) Kaltim, Komunitas Fotografi Pemuda Kreatif (KFPK) Kaltim, serta Dewan Kerja Daerah (DKD) Gerakan Pramuka Kaltim dan Sahabat Pelita Bunda.  

Dari rapat tersebut, sejumlah kegiatan pun telah siap dilaksanakan berdasarkan inisiatif para pemuda tersebut dan terlebih lagi kegiatan-kegiatan ini banyak menyentuh kepedulian sosial bagi masyarakat secara langsung seperti melakukan kerja bakti pengecatan rumah ibadah, Lomba Fotoghrafi dengan tema "Pemuda dan Kepedulian Sosial".  

Kegiatan lainnya yakni Seminar dalam rangka Hari Kesehatan Jiwa Sedunia dirangkaikan peringatan HSP dengan Tema : “Dunia Belum Berakhir, Menyelesaikan Masalah Tanpa Harus Bunuh Diri", Gelar Produk wirausaha muda dan Festival Pemuda Kreatif dan Pemilihan Duta Wirausaha Muda Kaltim yang baru pertamakali digelar tahun ini.

"Kita juga akan melaksanakan penandatangan Perjanjian Kerjasama antar Gubernur Kaltim dan Dirjen Bina Lattas Kemenaker RI Tgl. 21 Oktober 2019 di BLK Samarinda Tindak lanjut Perpres 66 tahun 2017 Tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan,"kata Kadispora. 

Tak sampai disitu, rangkaian peringatan HSP makin meriah dengan diadakannya Lomba Desain Grafis untuk anak muda dengan tema Pemuda menyongsong Kaltim sebagai Ibu Kota Negara/IKN yang dituangkan dalam bentuk poster berisi harapan harapan.

Puncaknya peringatan HSP di Kaltim akan dilaksanakan Upacara Peringatan HSP di Halaman Kantor Gubernur Kaltim sekaligus penyerahan penghargaan kepada Pemuda Pelopor Tingkat Nasional asal Kaltim. 

 Hadir pula pada rapat tersebut, Kabid Pengembangan Pemuda, Hardiana Muriyani, Kabid Pemberdayaan Pemuda, Agus Tianur, Biro Kesra Setdaprov Kaltim, dan Kadispora Kota Samarinda, Erham Yusuf. (rdi)