SULTAN BRUNEI UNDANG KALTIM BERPARTISIPASI DI BIMP-EAGA

Kementerian Kebudayaan, Belia dan Sukan Negara Brunei Darussalam, Kamis (20/9) melalui Pengarah Belia dan Sukan Kementerian Kebudayaan, Belia dan Sukan Negara Brunei Darussalam (N.B.D), H. Zafri Bin H Mohammad, yang juga selaku Pengerusi atau Ketua Penyelenggara Sukan Persahabatan Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) yang ke-10, secara langsung mengantarkan undangan keikutsertaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Brunei Darussalam atas nama menteri dan atas perintah langsung Sultan Hassanal Bolkiah kepada Pemprov Kaltim.

Sebagaimana edisi ke-9 tahun 2016 lalu di Kaltim, pada edisi ke-10 di Brunei kali ini, juga akan diikuti oleh peserta dari Darwin Nothern Territory. Kegiatan BIMPNT-EAGA (Brunei, Indonesia, Malaysia and Philippines, Nothern Territory- East Growth Area) Frienship Games ini akan berlangsung pada tanggal 6-9 Desember 2018 mendatang.

Rombongan Kementerian Sukan dan Belia Brunei diterima langsung Plh. Gubernur Kaltim, Meiliana, di Lamin Etam. Tampak hadir Kadispora Kaltim, Syirajudin, Plh. Ketua Koni Kaltim, Rusdiansyah Aras, serta sejumlah pejabat Dispora Kaltim.

“Kami menyambut baik kedatangan H. Zafri Bin H Mohammad dan rombongan, untuk mengundang secara langsung Provinsi Kaltim di BIPMPNT-EAGA ke-10 di Brunei nanti, dan untuk itu kami sampaikan bahwa Kaltim akan turut serta pada kegiatan tersebut. Saya akan segera melakukan koordinasi dengan Dispora dan Koni Kaltim dan sejumlah instansi terkait lainnya untuk menyiapkan keikutsertaan Kaltim,”ujar Meiliana.

Tak hanya itu, Kaltim juga akan mengirimkan pemuda untuk mengikuti program kepemudaan dan menampilkan pesona kebudayaan daerah di Brunei. Untuk itu dirinya mengharapkan ajang ini tak hanya sebai olahraga persahabatan namuan juga dapat dimanfaatkan untuk mencari peluang kerjasama yang dapat dilakukan oleh kedua belah Negara.

Sementara itu, H. Zafri Bin H Mohammad, menyampaikan bahwa dalam olahraga persahabatan BIMPNT-EAGA ke-10 ini akan dipertandingkan 8 (delapan) Cabang Olahraga, yakni Aquatic, Atletik, Taekwondo (poomsae), karate, (kata), pencak silat (seni), sepak takraw, bowling padang dan wushu.

Pada ajang BIMPNT-EAGA Friendship Games, selain Kaltim, provinsi lain yang juga merupakan anggota BIMP-EAGA adalah Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat,
Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. (rdi)