SIAPKAN POPPROV 2020, PEMKAB BERAU KOORDINASI KE DISPORA KALTIM

Kabupaten Berau dipercaya menjadi tuan rumah multievent olahraga tingkat pelajar yakni Pekan Olahraga Pelajar (Popprov) tahun 2020 mendatang. Sejumlah persiapan pun telah dilakukan, salah satunya adalah dengan berkoordinasi ke Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur, pada Jumat (24/5), dan diterima Kadispora Kaltim yang diwakili Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kaltim, Ego Arifin dan Kepala Seksi Promosi Olahraga dan olahraga Prestasi, Rasman.

Sementara dari Pemkab Berau dipimpin langsung Kadispora Berau, Muhammad Dakri datang dengan didampingi, Kabid Olahraga, Syailansyah, dan Kasubbid Ekonomi dan Pembangunan Bappeda Berau, Desmus Erysa.

“Pada dasarnya kami sebagai tuan rumah adalah sebuah penghargaan dan tentunya sekaligus menjadi tantangan bagi Pemkab Berau untuk dapat mensukseskan penyelenggaraan multievent tingkat provinsi. Apalagi selang dua tahun kemudian Berau akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov), tentunya Popprov menjadi salah satu tolak ukur bagaimana Berau mempersiapkan diri menggelar kejuaraan olahraga yang peserta dan cabor yang bertanding banyak,”ujar Kadispora Berau membuka pertemuan.

Disamping itu, Pemkab Berau juga menanyakan mengenai rencana sharing anggaran untuk penyelenggaraan olahraga multievent dua tahunan tersebut, dimana Berau sendiri telah menyiapkan anggaran sebesar 5 Miliar Rupiah, namun masih kurang 5 miliar rupiah yang diharapkan dapat tertutupi dari bantuan keuangan Pemprov Kaltim.

“Kendala lain yang kami hadapi adalah masalah venue pertandingan,. Dari 18 Cabang Olaharaga yang dipertandingan, dua cabor masih terkendala venue, yakni atletik yang membutuhkan lintasan, sementara Berau belum memilki lintasan atletik standar pertandingan hingga saat ini. Cabor lain yang mengalami kendala adalah Dayung yang membutuhkan lintasan air tenang,”tambahnya.

Menanggapi kedua hal tersebut, untuk masalah anggaran, Ego Arifin mengatakan bahwa Dispora Kaltim telah menyampaikan kebutuhan anggaran tersebut ke Bappeda Pemprov Kaltim.

“Untuk kendala venues, saran kami buat Cabor Dayung, Pemkab Berau mungkin dapat menggunakan waduk yang berada di kawasan Pesantren Hidayatullah Kabupaten Berau. Sementara untuk Cabor atletik, mengenai lintasan, akan kita bicatrakan bersama dengan melibatkan Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Kaltim guna mencari solusinya,”jelas Ego Arifin.

Berau sendiri ditunjuk sebagai tuan rumah Popprov, pada penutupan Popprov edisi sebelumnya di Kota Samarinda pada tahun 2018. Sejumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan diantaranya  atletik, dayung, sepak bola, panahan, bola basket, tenis lapangan, tenis meja, dan sejumlah cabang olahraga lainnya.