SERAGAMKAN PENILAIAN KEBUGARAN JASMANI ANAK DAN REMAJA, 50 GURU OLAHRAGA IKUTI PELATIHAN

Lima Puluh guru olahraga mengikuti pelatihan dengan tema penilaian kebugaran jasmani anak dan remaja yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Harris Samarinda, Selasa (26/2).

Dalam sambutannya, Kadispora Kaltim, Syirajudin, menyampaikan himbauan atau ajakan kepada peserta pelatihan agar benar-benar memanfaatkan kesempatan pelatihan ini untuk menggali ilmu dan pengetahuan praktis, serta mengikuti arahan dan bimbingan dari para instruktur yang berguna untuk peningkatan pembinaan olahraga pendidikan khususnya di Kalimantan Timur.

"Hal ini mengingat bahwa bibit-bibit olahraga perlu proses pembinaan yang berjenjang, termasuk salah satunya melalui olahraga pendidikan di sekolah-sekolah dan tentunya minat dan bakat alam yang ada harus diasah dengan metode latihan yang efektif, melibatkan sport science secara menyeluruh, serta melakukan kompetisi yang berkesinambungan di semua tingkatan,"tegasnya.

Ditambahkannya, melalui pembinaan olahraga yang sistematis, kualitas SDM dapat diarahkan ada peningkatan pengendalian diri, tanggungjawab, disiplin sehingga pembangunan olahraga perlu mendapat perhatian yang proporsional melalui perencanaan dan pelaksanaan yang sistematis dalam pembangunan yang pada akhirnya bermuara pada ketahanan bangsa.

"Perlu kita ketahui bersama bahwa era olahraga modern seperti di Amerika, pelatih tidak hanya bisa melatih teknis, tetapi perannya lebih luas lagi sebagai manajer. Artinya, bahwa semakin ke depan, maka semakin banyak inovasi, improvisasi, dan gagasan yang tidak boleh ditolak, tapi justru sebaliknya, kita harus beradaptasi,"jelasnya.

Kadispora pun mengingatkan untuk mulai meninggalkan manajemen olahraga yang bersifat tradisional, dimana saat ini manajemen olahraga sudah modern dan telah digunakan oleh sejumlah negara yang maju dalam dunia olahraganya.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan pelatihan ini, Kabid Pembudayaan Olahraga Fahrullah, dalam laporannya yang dibacakan oleh Kasi Olahraga Pendidikan dan Sentra Olahraga, Ahmad Sofian, melaporkan kegiatan ini bertujuan untuk menyeragamkan tekhnis pelaksanaan kegiatan penilaian kebugaran jasmani pada satuan pendidikan dan dapat terukur dengan baik.

"Fokus pelatihan kali ini adalah meningkatkan motivasi pelaksana pembinaan keolahragaan di satuan pendidikan untuk semakin meningkatkan angka kebugaran jasmani anak dan remaja, kemudian pelaksanaan tes kebugaran jasmani yang baik, benar, muda serta terukur, dan yang terakhir pengembangan data dan informasi keolahragaan di provinsi Kaltim dalam rangka mendukung peningkatan Indeks Pembangunan olahraga, atau Sport Development Index,"lapornya.

Dalam pelatihan ini, peserta akan mendapatkan sejumlah materi berbobot yang disampaikan sejumlah narasumber yang telah ahli dibidangnya, diantaranya Thomas Alva Edison, Supriyadi, Akbar Ali, dr. Richard Arifin, Janoko Isnanto dan Asmau.

Agus Pujiono, guru olahraga SDN 017 Palaran, mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini. Menurutnya kegiatan seperti belum pernah dilakukan dengan melibatkan guru-guru di sekolah-sekolah, sehingga dengan demikian mereka juga dapat melakukan peningkatan ilmu pengetahuan dalam mebina ana didik.

Nantinya 5 pserta terbaik berdasarkan penilaian narasumber bersama panitia pelaksana kan bersama-sama dengan Dispora Kalimantan Timur untuk mensosilaisasikan program Kebiugaran Jasmani ANak dan Rema di sejumlah daerah di Kalimantan Timur.(rdi)