Seputar Dispora

Selama Ramadhan, Pegawai Dispora dihimbau Shalat Dzuhur Berjamaah

Dispora Management | Selasa, 30 Mei 2017 - 12:45:37 WIB | dibaca: 233 pembaca

Ustadz Suyatman ketika memberikan tausiyah kepada Pegawai Dispora Kaltim serta Jamaah Shalat Dzuhur lainnya di Masjid Al-Intsar Stadion Madya Sempaja

*Dilanjutkan dengan tausiyah Ba'da Dzuhur

Pegawai di lingkup Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur, memanfaatkan waktu istirahat siang selama Bulan ramadhan 1438 H dengan bersama-sama menjalankan Shalat Dzuhur berjamaah di Masjid Al-Intsar, yang berada di kompleks stadion madya Sempaja Samarinda, dan dilanjutkan dengan mengikuti kultum.

Seperti yang tampak pada waktu Dzuhur, selasa(30/5) atau bertepatan dengan 4 ramadhan 1438H, usai menjalankan Sahalat Dzuhur berjamaah, para pegawai bersama masyarakat di sekitar kompleks Stadion Sempaja megikuti pencapaian tausiyah yang saat itu disampaikan oleh Ustadz Suyatman.

Dalam tausiyahnya, dirinya menyampaikan ada dua nikmat Allah SWT yang paling sering disia-siakan oleh umat manusia, yang pertama nikmat kesehatan dan yang kedua nikmat kesempatan.

“Padahal dengan memanfaatkan dan menggunakan kedua nikmat tersebut dengan sebaik-baiknya akan membentuk diri kita menjadi orang baik. Allah SWT menjelaskan dalam Al-qur’an beberapa ciri orang baik diantaranya beriman dan menuntut ilmu, sebagaimana yang terdapat dalam surah Al Muzadallah (58) ayat 11,”katanya.

Di samping itu, untuk menjadi orang baik, juga harus rajin membaca Al-Qur'an sebagaimana firman Allah SWT di Surah Al-Baqarah ayat 2. Kemudian memperhatikan keluarga masing-masing, sebagaimana terdapat dalam surah At-Tahrim ayat 6, Allah SWT berfirman, wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

“Dan yang terakhir, untuk menjadi orang baik perbaikilah ibadahmu, dimana indikator  baik adalah ikhlas dalam mengerjakannya serta serta pelaksanaannya harus benar,”pungkasnya.

Kadispora Kaltim, Fachruddin Djaprie mengungkapkan bahwa seluruh pegawai Dispora telah dihimbau untuk mengisi Bulan Suci Ramadhan dengan memperbanyak amal ibadah, termasuk diantarnya dnegan selalu melaksanakan Shalat Dzuhur berjamaah selama hari kerja dan mengikuti tausiyah ba’da Dzuhur.

“sebagaimana kita ketahui bersama bahwa biasanya jam kerja Pemprov Kaltim, Senin – Kamis masuk pukul 07.30, pulang pukul 16.00 dan Jum’at masuk jam 07.30, pulang jam 11.30, namun selama  bulan puasa, dengan tetap mengacu pada jam kerja efektif dalam seminggu berjumlah 33 jam, yakni Senin – Kamis (08.00 –15.30 WITA) dan Jumat (08.00 – 11.00 WITA),”katanya.

Kegiatan ini, dengan adanya kegiatan ini menurut Kadispora diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan dari seluruh ASN untuk tetap bisa menjalankan kewajiban beriringan dengan ibadah puasa. Disamping juga sebagai ajang silaturrahmi dengan OPD lain yang berada di sekitar kompleks Stadion Madya Sempaja, sehingga bisa tercipta komunikasi yang baik antar OPD serta tentunya memiliki dmapak positif pada hubungan antar lembaga.(rdi)