Bidang Pemuda

Sekda Rusmadi : Momentum Sumpah Pemuda bukti Kaltim Terus Bangkitkan Semangat Kebangsaan

Dispora Management | Rabu, 01 November 2017 - 15:17:42 WIB | dibaca: 50 pembaca

PENAJAM – Kaltim menorehkan prestasi hebat saat peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 yang dipusatkan di Pantai Corong, Kelurahan Tanjung Tengah, Penajam Paser Utara (PPU). Anak-anak muda Kaltim yang tergabung dalam Pramuka Kwarcab PPU dengan dukungan TNI dan Polri serta masyarakat sukses membangun pioneering/menara setinggi 110 meter dan mengibarkan Bendera Merah Putih berukuran 50x20 meter (1000 m). Prestasi ini sekaligus menjadi rekor dunia yang dicatat oleh Museum Rekor Dunia Indonesia/MURI).

Sekprov Rusmadi menyebut pemecahan rekor dunia pengibaran Bendera Merah Putih ini menjadi momentum luar biasa, bahwa dari Pantai Corong, Penajam Paser Utara, semangat kebangsaan pemuda-pemudi Kaltim membumbung sangat tinggi di tengah persoalan bangsa yang seringkali masih memperdebatkan keanekaragaman. “Ini adalah momentum luar biasa untuk menunjukan kepada Indonesia bahwa dari  PPU kita bangkitkan semangat kebangsaan yang kuat dengan tidak mempertentangkan kebhinekaan. Kebhinekaan adalah harga mati,”  kata Rusmadi saat berbaur dengan anggota-anggota Pramuka yang bertugas dalam pengibaran Merah Putih raksasa di Pantai Corong, Sabtu (28/10).

Sukses ini kata Rusmadi kembali mengingatkan semangat Sumpah Pemuda 89 tahun lalu. Dimana para pemuda menjadi yang terdepan dalam upaya merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. “Pemuda dan adik-adik Pramuka kita telah memberi contoh nyata bahwa pemuda adalah perekat persatuan bangsa. Menara 110 m berhasil didirikan dan Bendera Merah Putih 1000 m2 berhasil dikibarkan sempurna berkat kerjasama Pramuka PPU didukung personil TNI dan Polri, serta masyarakat,” jelas Rusmadi.

Suasana pemecahan Sabtu lalu berlangsung menegangkan karena tiupan angin yang kencang hampir membuyarkan rencana pengibaran bendera raksasa. Namun berkat kesatuan komando dan kebersamaan seluruh tim, akhirnya Merah Putih mampu berkibar sempurna dan membuat sekitar 10 ribu massa yang tumpah di Pantai Corong terharu dan larut dalam suasana bahagia. Haru bahagia kemudian bercampur bangga ketika Sang Merah Putih gagah berkibar hingga Pantai Corong pun seketika bergetar karena peserta dan masyarakat berlompatan girang sambil menyanyikan lagu bertitel "Bendera"  milik grup band Coklat. Upacara pengibaran bendera raksasa dipimpin Kasdam VI Mulawarman Brigjen Muhammad Nur Rahmat. Hadir Gubernur Awang Faroek dan Sekprov Rusmadi. Bupati dan Wakil Bupati PPU serta unsur Forkopimda serta tokoh masyarakat PPU dan Kaltim. (sul/ri/humasprov)