SEKDA : INTEGRITAS WASIT BAIK, PRESTASI AKAN MENINGKAT

BALIKPAPAN-Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim H Muhammad Sa’bani mengharapkan agar wasit dan juri yang kompeten memiliki sikap jujur, adil dan tidak memihak serta memiliki integritas dalam memimpin sebuah pertandingan.
“Wasit atau juri itu gak boleh bersikap subjektif, karena itu bahaya ditambah tidak ada integritas, bisa mengganggu prestasi olahraga. Bisa menjadikan atlit frustrasi. Karenanya, dibutuhkan kejelian, ketelitian, kemampuan dan kualitas para wasit dan juri, serta mengutamakan integritasnya, itu akan meningkatkan prestasi,” tuturnya dihadapan 30 peserta Pelatihan Pengembangan SDM Wasit/Juri Tingkat Daerah Kelas III Ikatan Pencak Silat se-Kalimantan Timur dalam Persiapan Popda dan Pra Popnas di Provinsi Kaltim.
Kegiatan yang digelar Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kaltim itu digelar di Balikpapan, Jumat (22/10/2021) dan berlangsung selama 3 (tiga) hari.
Atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim,  Sa’bani, mengapresiasi terselenggaranya pelatihan yang bertujuan mencetak wasit dan juri andal serta kompeten dalam cabang olahraga Pencak Silat tersebut.
Dalam kesempatan tersebut dirinya  menyampaikan ada yang hilang dari pembinaan olah raga.
"Ya, sebab tidak ada fokus dalam membinanya. Banyak orang pintar, banyak orang ahli olahraga, banyak pelatih, banyak pembina tapi kadang-kadang yang lebih banyak officialnya," kata Sa'bani.
Sebab itulah, Sa'bani berharap secara bertahap Kaltim dapat mempersiapkan diri guna membenahi diri dibidang olah raga.
"Saya berharap para peserta yang mengikuti pelatihan ini, wasit mampu menjadi bagian dari pembangunan olahraga yang berkualitas dengan menjadi pengadil yang jujur, tidak terpengaruh lada kepentingan pribadi atau golongan dalam mengambil keputusan,"pungkasnya.
Kadispora Agus Tianur melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Pemprov Kaltim melalui Dispora mendukung pertandingan yang mengedepankan kualitas dan sportivitas.
"Pak Sekda, kegiatan pelatihan bagi wasit dan juri tengah kami galakkan, sebelumnya juga telah digelar pada beberapa cabor. Kami berharap kualitas pertandingan akan semaki  baik kedepannya, teritama dalam wakti dekat kita akan menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) di Kabupeten Paser," jelasnya.
Tampak hadir pada acara pembukaan tersebut diantaranya Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Masturi Akbar T, Kabid Pembudayaan Olahraga Achmad Nasir serta para narasumber pelatihan, H Ego Arifin, Antung Lenny, serta Benny Soroinsong (ba/rdi/ppiddisporakaltim)