SATPAM DISPORA DIMINTA TEGAS DAN BERWIBAWA DALAM MENJALANKAN TUGAS

SAMARINDA-Dalam upaya menjaga kualitas pengamanan di lingkungan Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur, dan penyuerahan Surat keputusan pengangkatan Tenaga Satuan Pengamanan (Satpam), Rabu (3/2/2021), Kasubbag Umum Henis Setiawati memberikan pengarahan langsung kepada seluruh Satpam Dispora Kaltim.

Pengarahan terlebih dahulu dibuka oleh Sekretaris Dispora yang menyampaikan agar mereka dapat bersyukur mengingat saat ini untuk mendapat pekerjaan susah.

“Sebagaimana firman Allah Subhana Wa Ta’Ala bahwa sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”kata Aswanda mengutip QS. Ibrahim ayat 7.

Dirinya pun menyampaikan amanah dari Kadispora Kaltim, Agus Tianur bahwa akan dilakukan evaluasi atas kinerja tenaga kontrak yang dilakukan per 6 bulan sekali.

”Saya harap kinerja yang ada saat ini agar ditingkatkan yang belum maksimal, sementara yang sudah baik agar dapat dipertahankan, mari kita bersma-sama bekerja dan belajar untuk kantor kita Dispora Kaltim,”pesannya.

Terakhir Aswanda mengajak jangan sampai kinerja menurun selama pandemic, serta menegaskan untuk meningkatkan kualitas layanan dan selalu mematuhi protokol kesehatan.

“Kita ingin keluarga besar Dispora Kaltim tidak ada lagi yang terpapar Covid-19, untuk itu selalu tingkatkan kualitas layanan ditempat kerja dan tidak abai terhadap protokol kesehatan” pungkasnya.

Sementara itu, Kasubbag Umum Heni Setiawati dalam arahannya mengatakan bahwa  pertemuan ini dalam upaya sharing (berbagi, red) pengetahuan dan saling mengenal mengingat dirinya baru saja mendapat amanah sebagai Kasubbag Umum.

"Kita saling sharing dan saring, saya perlu tau bagaimana dan siapa kalian masing-masing, sehingga dalam menjalankan tugas nanti kita sama-sama mengerti dan memahami tupoksi kalian,”jelasnya.

Dikatakannya bahwa Satpam adalah garda terdepan dari sebuah kantor, hal ini sesuai dengan tugas pokoknya yakni menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan atau tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya.

“Fungsi Satpam adalah melindungi dan mengayomi lingkungan atau tempat kerjanya dari setiap gangguan keamanan, serta menegakkan peraturan dan tata tertib yang berlaku di lingkungan kerjanya, jadi kalian harus berwibawa dalam menjalankan tugas,”pesannya.

Dirinya pun mengajak agar mereka selalu meningkatkan kemampuan, mencetak prestasi, dan performa maksimal selama menjalankan tugas.

“Saya juga mengingatkan untuk laporan bulanan dapat disampaikan tepat waktu ke Kasubbag Umum setelah ditandatangani oleh pengawas,”ingatnya.

Setiap personil Satpam juga harus memegang nomor kontak Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI dan Bintara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas), untuk berjaga-jaga bila terdapat situasi bersifat emergency dan sebagai langkah koordinasi. (ba/rdi/ppiddisporakaltim)