SASAR PEMUDA DI SEKOLAH DAN MASYARAKAT UNTUK PELATIHAN FARDHU KIFAYAH

Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Hardiana Muriyani, Senin (1/7), melakukan pertemuan lanjutan dari Forum Group Discussion (FGD) Pemuda Relawan Fardhu Kifayah bersama Dispora Provinsi Kaltim di ruang kerjanya.

Menurut Hardiana yanh didampingi Kasi Kepemimpinan, Kepeloporan dan Kemitraan Pemuda, Syahril, hal ini merupakan tindaklanjut dari kegiatan pelatihan fardhu kifayah yang pernah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

"Sebagaimana kita ketahui bersama saat ini cukup sulit mendapatkan petugas atau orang yang bisa mengurusi jenazah di lingkungan masyarakat terutama di kalangan anak muda hanya beberapa orang saja yang peduli dan mau belajar. Sehingga penyelenggaraan jenazah didomisili oleh orang-orang hang sudah berusia tua. Padahal penyelenggaraan jenazah tidak akan pernah berhenti selama umat msih ada,"katanya.

Beberapa pembahasan lain yang dibahas pada pertemuan ini diantaranya rencana untuk melakukan kegiatan memberi edukasi ke sekolah-sekolah dan ke masyarakat melalui kelurahan.

"Dengan terjun langsung ke sekolah-sekolah dan masyarakat yang sasaran utamanya adalah pemuda, maka kita berharap ke depan kegiatan pelatihan fardhu kifayah ini terus munculkan petugas baru fardhu kifayah di tengah-tengah masyarakat secara berkesinambungan,"tambahnya.

Disamping itu, rencananya juga akan dilakukan penjajakan kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kaltim dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kaltim, sehingga kegiatan ini akan berjalan beriringan dengan program yang sama di kedua lembaga tersebut.

"Kami berharap juga kegiatan ini bisa menciptakan generasi baru yang mampu melaksanakan penyelenggaraan jenazah di tengah tengah masyarakat serta dapat bergabung dan bekerjasama dengan FGD Pemuda Relawan Fardhu Kifayah yang difasilitasi oleh Dispora Kaltim,"pungkasnya. (rdi)