SAMARINDA BERENCANA GELAR FORKOT JELANG FORNAS V 2019

SAMARINDA-Kalimantan Timur pada tahun ini tepatnya di bulan November mendatang, akan menjadi tuan rumah penyelenggaran Festival Olahraga Rekreasi-Masyarakat Nasional (Fornas) V tahun 2019 dengan pusat pelaksanaan di Kota Samarinda.

Melihat hal tersebut, Kota Samarinda melalui Dispora Kota Samarinda dan Federasi Olahraga Rekreasi Mayarakat Indonesia (Formi) Kota Samarinda berencana menggelar Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Kota (Forkot) Samarinda di Bulan Agustus dengan memperlombakan 7 (tujuh) Olahraga Petualang Tantangan dan 6 Olahraga Tradisional.

Hal ini diungkapkan Kepala Dispora Kota Samarinda, Erham Yusuf, ketika beraudiensi ke Dispora kaltim beberapa waktu lalu bersama dengan sejumlah pengurus Formi Kota Samarinda dan pengurus Induk Olahraga terkait.

Kadispora Kaltim, Syirajudin menyambut baik hal tersebut,  dan meminta agar panitia terkait segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya termasuk Unit Pelaksana Tekhnis Dinas (UPTD) Pengelola Kompleks Stadion Utama dan Madya (PKSUM) apabila sesuai yang disampaikan ingin menggunakan sejumlah venue di Stadion Sempaja.

"Mengingat pelaksanaan di Bulan Agustus, saya sarankan panitia segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti juri, wasit, dan penunjang lainnya, termasuk tentunya venue yang akan digunakan. Apalagi sebagaimana disampaikan Kadispora Samarinda bahwa direncanakan kegiatan ini dilangsungkan di Kompleks Stadion Sempaja, dimana pada bulan tersebut intensitas kegiatan dan pengguna cukup tinggi,"ujarnya.

Sementara itu, Ketua Formi Samarinda, Sri Lestari, mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menanamkan nilai budaya dan kegemaran bermain olahraga tradisional, serta menggali kearifan lokal untuk di publikasi ke penjuru tanah air, serta yang utama sebagai ajang ujicoba Fornas khususnya peserta dari Kota Samarinda.

Adapun Induk Olahraga yang akan diperlombakan yakni Skate Board, BMX, Inline Sakte, Tricking, Street Soccer, Gulat Tangan, dan tarng Bebas Indonesia, smentar olahrag tradisional diantaranya Hadang, Terompah Panjang, Enggarng, Tarik tambang, Dagongan, dan Ketapel.

Tampak hadir dalam pertemuan tersebut Ketua Formi Kaltim, Encik Widyani, Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Ego Arifin, Pelaksana Tugas Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga, Agus Tianur, Ketua HArian Formi kaltim, Hanafiah, dan sejumlah pejabat di lingkup Dispora Kaltim dan Dispora Kota Samarinda.

Fornas Kaltim sendiri yang akan berlangsung 15 hingga 17 November 2019 nantinya tidak hanya menonjolkan pertandingan Cabang Olahraga Tradisional, namun juga menjadi pesta olahraga rekreasi, pengenalan pariwisata Kaltim, pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), sehingga Fornas Kaltim akan mampu membawa dampak positif dalam pembinaan ekonomi Masyasrakat. (RDI)