POPPROV XV BERAKHIR, SAMARINDA KUNCI JUARA UMUM

Samarinda tak hanya menggapai sukses sebagai tuan rumah perehelatan Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) ke XV tahun 2018, namun juga sukses menjadi Juara Umum ajang multi event antar pelajar tersebut setelah atlet-atletnya meraih 84 medali emas, 74 medali perak dan 71 medali perunggu.

Pesaing Kota Samarinda dari awal dibukanya POPPROV Kaltim 2018, yakni Kabupaten Kutai kartaengera harus puas menempati posisi kedua di daftar klasemen akhir perolehan medali, setelah hanya mampu mengumpulkan 51 medali emas, 44 perak dan 42 perunggu, disusul Kota Minyak Balikpapan di peringkat tiga dengan raihan 39 emas, 44 perak dan 48 perunggu.

Pj. Gubernur Kaltim, Restuardy Daud, pada Penutupan Popprov XV Kaltim Tahun 2018, di Gor Segiri Samarinda, Minggu (30/1), dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kadispora Kaltim, Syirajudin, menyampaikan ucapan selamat kepada Kota Samarinda yang berhasil keluar sebagai juara umum ajang dua tahunan tersebut.

“Saya berharap agar seluruh pelajar, guru, pelatih dan pembina olahraga di sekolah masing- masing dapat mengambil pelajaran dan hikmah dari pengalaman bertanding dalam POPPROV ke VI.

Sementara itu, Walikota Samarinda yang juga Ketua Umum Pengurus Besar POPPROV XV, Syaharie Ja’ang mengungkapkan rasa syukurnya atas raihan trisukses yang dicapai Kota Samarinda, Sukses penyelenggaraan, Sukses Prestasi dan Sukses Ekonomi Kerakyatan dimana pengusaha-pengusaha menengah dan kecil mengalami dampak penjualan yang luar biasa dengan kehadiran 1.370 pelajar, 230 pelatih dan 47 official pelajar dari 10 kabupaten/kota se-Kaltim.

“Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak sehingga Popprov XV dapat berjalan dengan lancar dan baik. Pada kesempatan ini kami juga menyampaikan permohoanan maaf kepada seluruh kontingen, apabila terdapat pelayanan kami yang kurang berkenan bagi para peserta,”ujarnya.

Disampaikannya, Popprov ke XV telah melahirkan atlet-atlet berprestasi yang akan membawa nama Kaltim bahkan Indonesia di ajang-ajang kejuaraan yang lebih tinggi di masa-masa mendatang, sementara bagi atlet yang belum menorehkan prestasi, Ja’ang berharap mereka tak berkecil hati dan menjadikan hasil inis ebagai cambuk untuk kembali berlatih guna meraih sukses didepannya.

19 cabang olahraga yang dipertandingan pada POPPROV ke XV tahun 2018 yakni angkat besi, atletik, bola basket, bola voli, bulu tangkis, dayung, gulat, judo, karate, panahan, pencak silat, renang, senam, sepak bola, sepak takraw, taekwondo, tenis, tenis meja, dan tinju, dengan venue pertandingan di Kompleks Olahraga Polder Air Hitam, GOR Palaran, GOR Segiri, GOR Sempaja, dan beberapa aula sekolah di Kota Tepian. (rdi)

 

Berikut hasil lengkap perolehan medali Popprov XV tahun 2018.

Perolehan Medali :

  1. Samarinda : 86 Medali Emas, 74 Perak, 71 Perunggu
  2. Kukar : 51 Medali Emas, 44 Perak, 42 Perunggu
  3. Balikpapan : 39 Medali Emas, 44 Perak, 48 Perunggu
  4. Berau : 16 Medali Emas, 13 Perak, 35 Perunggu
  5. Bontang : 12 Medali Emas, 20 Perak, 39 Perunggu
  6. Kutai Timur : 12 Medali Emas, 13 Perak, 33 Perunggu
  7. Paser : 7 Medali Emas, 11 Perak, 27 Perunggu
  8. Kutai Barat : 4 Medali Emas, 7 Perak, 20 Perunggu
  9. Mahakam Ulu : 2 Medali Emas, 1 Perak, 6 Perunggu
  10. PPU : 2 Perak 1 Perunggu