POPDA BERAU 2021 PERTANDINGKAN 21 CABANG OLAHRAGA 

TANJUNG REDEB- Sebanyak 21 Cabang Olahraga (cabor) akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XIV Kalimantan Timur yang berlangsung di Kabupaten Berau 28 Juli hingga 04 Agustus 2021 mendatang.
Hal ini diputuskan dalam rapat koordinasi antara panitia pelaksana Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XIV Kalimantan Timur bersama dengan perwakilan peserta dari dinas yang menangani keolahragaan di masing-masing Kabupatan/Kota, Kamis (19/11/2020) yang dibuka Asisten I Setda Berau, Datu Kesuma.
Keputusan tersebut  dengan mempertimbangkan kondisi pandemi Virus Covid-19 yang masih melanda dunia termasuk di Provinsi Kaltim.
Ke dua puluh satu cabor tersebut yakni Karate, Judo, Bola Volly, Bola Basket, Tenis Meja, Tinju, Atletik, Tenis lapangan, Sepakbola, Panahan, Bulutangkis, Taekwondo, Gulat, Renang, Sepak Takraw, Pencak Silat, Dayung, Kempo, Angkat Besi, dan Senam serta 1 cabor ekhsebisi Catur.
Disamping menentukan cabor, peserta rakor juga melakukan peninjauan langsung ke lapangan guna melihat kondisi terkini venue yang akan dipergunakan pada pertandingan cabang olahraga.

Plt. Kepala Dispora Kaltim, H M Agus Hari Kesuma diwakili Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kaltim, Agus Tianur menyampaikan bahwa rakor tersebut seharusnya dilaksanakan pada Maret 2020 lalu di Kabupaten Kukar. Namun tertunda karena pandemi covid-19, dan koordinasi dan komunikasi dilaksanakan melalui virtual.

“Dari rakor ini juga ditetapkan bahwa usia peserta yakni kelahiran maksimal 1 Januari 2003, kemudian Kabupaten Penajam Paser Utara terpilih sebagai tuan rumah POPDA XVII tahun 2023 mendatang,"jelas Agus didampingi Kasi Promosi dan Olahraga Prestasi, Rasman usai penandatangan berita acara hasil rakor tersebut.
Hal lain lanjutnya yang diputuskan diantaranya terkait akomodasi, konsumsi dan transportasi yang ditanggung  oleh tuan rumah Kabupaten Berau.
"Sementara untuk penentuan nomor tanding dari masing-masing cabang olahraga akan dibahas dalam rakor selanjutnya dengan melibatkan pengurus provinsi cabor yang direncanakan 26 November 2020 mendatang,"pungkas Agus.
Sebelumnya ketika membuka rakor Asisten I Setda Berau, Datu Kesuma mengatakan Kabupaten Berau siap menyambut ajang olahraga bagi atlet usia pelajar tersebut dengan persiapan sudah dilakukan dalam beberapa bulan terakhir mulai dari sarana dan prasarana hingga kesiapan atlet Berau.(rdi)