PLT SEKDA MINTA SELURUH OPD BEKERJASAMA SUKSESKAN FORNAS V-2019

Plt Sekretaris Daerah Pemprov Kaltim, Muhammad Sa'bani, memimpin Rapat Persiapan Festival Olahraga Rekreasi dan Olahraga Masyarakat Nasional (Fornas) ke-5 tahun 2019 di Ruang Rapat Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (20/6).

"Saya meminta kerja sama dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kaltim untuk membantu sukses nya Fornas di Benua Etam. Tidak hanya sukses dari segi penyelenggaraan dan prestasi, tapi juga dapat meraih sukses dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat serta sukses administrasi yang paling penting,"pesannya.

Dirinya juga berpesan selama pelaksanaan FORNAS-V bulan November 2019 mendatang, kebersihan menjadi salah satu prioritas yang diperhatikan, bahkan bila perlu dibentuk panitia tersendiri yang menangani kebersihan selama penyelenggaraan lomba berlangsung.

“Dengan banyaknya orang yang akan terlibat, tentu juga akan menghasilkan sampah yang tak kalah banyak, oleh karenanya saya minta hal ini menjadi perhatian kita bersama agar kebersihan selalu terjaga di arena pelaksanaan, kalau perlu bentuk panitia khusus yanga menangani kebersihan,”tegasnya.

Terkait mengenai panitia yang akan terlibat, Sa’bani meminta agar jumlah panitia proporsional dan sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai jumlah panitia berlebihan dan akhirnya tidak berkerja sesuai dengan tupoksinya dalam mensukseskan gelaran nasional ini.

“Panitia yang ditunjuk haruslah orang yang mengerti dan memahami serta mampu menjalani tugas yang diberikan padanya, jumlah harus proporsional dan sesuai kebutuhan, jangan sampai berlebihan dan tentu yang bersangkutan akhirnya tidak bekerja.  Untuk itu, saya minta kepada Kadispora sebagai leading sector dapat menyusun dan menyiapkan SK Kepanitian yang mulai minggu depan sudah terbentuk serta bekerja sesuai tupoksinya tanpa harus saling menunggu,”harapnya,

Kadispora Kaltim, Syirajudin, pun menanggapi harapan Plt Sekda tersebut dan segera menyiapkan dan menuntaskan SK Kepanitian Fornas-V minggu depan.

“Baik Pak, kami akan segera berkoordinasi dengan Biro Hukum Setda Provinsi Kaltim dan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kaltim guna  menyiapkan serta menuntaskan SK Kepanitian untuk kegiatan Fornas V minggu depan, sehingga panitia yang ditunjuk dapat segera berkerja sesuai dengan tupoksinya,”ujarnya.

Syirajudin menambahkan sebagaimana pernah disampaikannya bahwa Fornas V akan diselengarakan di 4 titik lokasi yakni GOR Sempaja yang memperlombakan sebagian besar Induk Organisasi dan Olahraga kearifan lokal, kemudian GOR Segiri Samarinda, Folder Air Hitam, dan satu lagi rencananya akan diselenggarakan di Bigmall meliputi BMX, skate board dan air soft gun.

"Kami sampaikan bahwa Fornas V bukan hanya soal lomba, namun dalam event nasional ini juga akan di selenggarakan festival budaya yang menampilkan gelar budaya dari berbagai Provinsi di tanah air dengan panggung pementasan akan dipusatkan di Kompleks Stadion Madya Sempaja. Tak hanya itu GOR Sempaja juga akan disiapkan sebagai tempat pameran produk usaha dari masyarakat yang mendukung pariwisata, mulai dari kuliner hingga barang kerajinan Kaltim, bazar dan hiburan rakyat lainnya,”jelasnya.

Tampak hadir dalam rapat tersebut diantaranya perwakila OPD Pemprov Kaltim, Ketua Formi Kaltim, Encik Widyani, Formi Kota Samarinda, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kaltim, dan instansi terkait lainya. (rdi)