Bidang Pemuda

Peserta Seleksi Paskibraka Harus Bangga Mewakili Daerahnya

Rusmulyadi | Selasa, 03 Mei 2016 - 15:52:03 WIB | dibaca: 988 pembaca

Asisten kesra Setda Prov Kaltim, H Bere Ali, memasangkan tanda peserta kepada perwakilan peserta didampingi kadispora KAltim, Fachruddin Djaprie.

SAMARINDA – Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak menyebut tingkat kompetisi seleksi calon anggota Paskibra tingkat nasional dan tingkat Provinsi Kaltim 2016 cukup berat.

40 calon anggota paskibra yang mengikuti seleksi diyakini merupakan pelajar terbaik yang sudah mengikuti seleksi berjenjang di tingkat kabupaten/kota menyisihkan 80 ribu lebih pelajar SMA sederajat di Kaltim.

“Untuk mencari terbaik kompetisinya cukup berat. Sangat yakin meraka sudah ikuti kompetisi dari sekolah, hingga tingkat kabupaten/kota dan terpilih jadi calon paskibra Kaltim,” sebut Gubernur Faroek dalam arahannya yang disampaikan Asisten III Sekprov Kaltim, Bere Ali sebelum membuka seleksi, di Aula Kantor Dispora Kaltim, Selasa (3/5).

Tidak hanya itu, mereka juga akan kembali diseleksi menetapkan empat orang terbaik (dua putra dan dua putri) untuk seleksi Paskibra tingkat nasional. Itu pun hanya untuk menetapkan dua orang terbaik (satu putra dan satu putri) menjadi Paskibra nasional.

Itu sebabnya, peserta diminta percaya diri mengikuti seleksi selama tiga hari sesuai jadwal yang ditetapkan tim seleksi. Termasuk saat mengikuti seleksi secara nasional pada Juni mendatang di Cibubur, Jakarta.

“Kita harus mampu bersaing. Soal daya saing Kaltim selalu unggul dari provinsi lain. Setidaknya kita selalu terbaik di luar Jawa,” serunya.

Bila berhasil, dua orang perwakilan Kaltim akan memperkuat Paskibra tingkat nasional bersama perwakilan dari 34 provinsi se Indonesia.