PESERTA KIRAB PEMUDA BERBAGI PENGETAHUAN DAN MEMOTIVASI PELAJAR SDN 002/004 DAN SMPN 013

Peserta Kirab Pemuda Indonesia yang tengah barada di titik singgah Kalimantan Timur, tepatnya di Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru, Penajam Paser Utara, Senin (29/10), memberikan materi wawasan kebangsaan di SDN 002/004 dan SMPN 013 yang berada di sekitar homestay peserta Kirab.

Dalam pemberian materi, para peserta disamping menyampaikan sejumlah materi tentang wawasan kebangsaan, juga berbagi pengalaman yang mereka alami selama mengikuti kirab dengan harapan dapat memberi motivasi tersendiri kepada para siswa.

"Transfer pengetahuan dan pengalaman ini merupakan salah satu tujuan dari pelaksanaan kirab ini, sehingga para pemuda dari 34 provinsi ini dapat menyalurkan pula tentang adat istiadat di daerahnya yang tentunya berbeda dengan adat istiadat di daerah Kaltim,”jelas Kasi Peningkatan Kreatifitas Pemuda, Bahri yang ikut mendampingi peserta Kirab.

Sementara itu, salah satu perwakilan peserta, Anna Pratiwi, adal Jawa Barat, mengatakan bahwa materi yang mereka sampaikan terkait wawasan kebangsaan yang diberikan diantaranya tentang keanekaragaman budaya, bahasa bahkan kesenian yang sangat banyak dan tersebar di 34 provinsi di tanah air, kemudian tentang sejarah perjuangan yang dilakukan oleh para pemuda khususnya, serta lagu-lagu kebangsaan.

Watini, guru SDN 002 Waru, mengaku sangat bahagia dan bangga SD nya dapat dikunjungi oleh pemuda dari 34 provinsi.“Sebuah kebanggan buat kami di sini, karena gak pernah menyangka akan mendapat kunjungan pemuda -pemuda terbaik dari 34 Provinsi. Hal ini tentu membawa nilai positif bagi anak didik kami, sehingga dapat memberikan motivasi tersendiri kepada mereka untuk belajar dengan giat agar dapat menjadi seperti para peserta kirab yang berkeliling tanah air mewakili daerahnya,”tambahnya.

Peserta Kirab Pemuda Indonesia, selanjutnya akan mengikuti workshop wawasan kebangsaan yang disampaikan pemateri dari Kodim 0913/PPU.(rdi)