PERSIAPKAN FORNAS V, FORMINAS DAN PANITIA DAERAH BAHAS UPP DAN VENUE

Kadispora Kaltim, Syirajudin bersama dengan Ketua Panitia Nasional Festival Olahraga Nasional (FORNAS) V, Djainal Abidin Simanjuntak memimpin rapat perispan Fornas V dengan fokus bahasan kegiatan pembukaan dan penutupan dan venues cabor serta sarana pendukung lainnya.

Rapat yang berlangsung di ruang rapat Dispora Kaltim, Senin (15/4), juga diikuti oleh Ketua Formi Kaltim, Encik Widyani, sejumlah pejabat terkait dari Dispora Kaltim, serta dari Panitia Nasional hadir Kabid Venue dan Saran Pendukung, Ripka, dan bagian pembukaan/penutupan, Wijono.

"Pesan ketua Formi Nasional, Hayono Isman, agar Upacara Pembukaan dan Penutupan (UPP) Fornas V 2019 berkesan dan dapat mengangkat harkat Fornas yang lebih baik daripada UPP sebelumnya dengan prinsip 5 M yakni murah, meriah, massal, menarik, dan manfaat,"kata Djainal.

Disamping itu, Hayono Isman juga bepesan untuk mengedepankan sinergitas antara stakeholder, termasuk media sosial dan menggalakkan komunikasi dengan media elektronik agar kegiatan ini dapat terekspos secara nasional dan global sebagaimana gagasan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, DR. Raden Isnanta.

"Terkait atraksi-atraksi yang akan ditampilkan dalam UPP tersebit, diupayakan bukan berupa cabor-cabor yang akan dipertandingkan atau dilombakan dalam Fornas V, melainkan merupakan seni budaya lokal, baik dari Provinsi Kalimantan Timur maupun provinsi lainnya yang berminat,"lanjut Djainal.

Terkait usul tersebut, Kadispora menyampaikan bahwa dalam UPP nantinya yang akan dikedepankan adalah khusus budaya lokal Kaltim, sebagai upaya untuk memperkenalkan budaya Kaltim ke nasional bahkan harapannya hingga ke internasional, karena bukan tidak mungkin wisatawan mancanegara akan hadir di kegiatan ini.

"Kami juga memiliki harapan tersendiri di kegiatan Fornas ini diantaranya adalah memperkenalkan budaya dan olahraga tradisional yang khas Kaltim. Sehingga kami sangat berharap agar Budaya Kaltim dapat dikenal lebih jauh oleh dunia internasional,"jelas Syirajudin.

Mengenai upacara pembukaan, dikarenakan ketua Forminas harus menghadiri Kongres II The Association For Internasional Sport for All(Tafisa) di Tokyo, Jepang pada tanggal 13-15 November 2019, disepakati bersama bahwa acara pembukaan rencanannya akan diundur ke hari Sabtu, 16 November 2019.

Namun demikian untuk pelaksanaan perlombaan rencananya akan diadakan 15 hingga 17 November 2019. Usai pelaksanaan rapat, selanjutnya tim dari Forminas bersama Panitia Daerah melakukan peninjauan venue-venue yang akan digunakan pada Fornas V 2019. (rdi)