PERMENPORA RI MENGENAI JAFUNG PELATIH DIHARAP MAMPU LAHIRKAN PELATIH BERKUALITAS

*Kadispora Kaltim Ikuti Vidcon Sosialisai Permenpora RI mengenai Jafung Pelatih

SAMARINDA- Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur, Muhammad Syirajudin mengikuti Sosialisasi Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2020 secara virtual yang digelar oleh kementerian Pemuda dan Olahraga.

Pelaksana Tugas Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Chandra Bhakti, ketika membuka sosialisasi, Rabu (10/6/2020), menyampaikan Permenpora RI Nomor 1 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Fungsional Pelatih Olahraga dan Jabatan Fungsional Asisten Pelatih Olahraga melalui Penyesuaian atau Inpassing mengatakan bahwa salah satu program prioritas Kemenpora adalah dengan meningkatkan kemampuan sertifikasi pelatih didasari pada PermenpanRB Nomor 40 Tahun 2014 dan PermenpanRB Nomor 41 Tahun 2014.

"Saat ini para pelatih olahraga yang memiliki latar belakang pendidikan sarjana olahraga hanya 21% padahal kebutuhan minimal yang kita perlukan adalah 30%, oleh karena itu dengan adanya Permenpora ini maka secara keseluruhan pelatih dan asisten pelatih akan dilihat secara keseluruhan latar belakang pendidikan, kemampuan sertifikasi maupun pengalamannya"ujar Chandra dalam rapat virtual yang diikuti Dispora dan Badan kepegawaian daerah se Indonesia tersebut.

Pria yang menjabat sebagai Staf Ahli menpora Bidang Kerjasama Kelembagaan Chandra Bhakti berharap semua stakeholder Kemenpora baik Dispora maupun Kemenpora dapat bersinergi dan melaksanakan amanah yang tertuang dalam peraturan itu dengan baik.

"Kedepan para pelatih olahraga menjadi tulang punggung dalam pembinaan para atlet, apa yang dilakukan saat ini memiliki nilai yang strategis dan sangat penting dalam memajukan olahraga secara keseluruhan maupun tujuan akhirnya peningkatan prestasi olahraga yang menjadi kebangsgaan bangsa dan negara"tambahnya.

Para pemateri dalam sosialisasi ini diantaranya Direktur Jabatan Aparatur Sipil negara, Aidu Tauhid, Ketua Badan Standarisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan (BSANK) Hari Amirullah Rachman yang juga merupaka salah satu tim penyusun Permenpora RI Nomor 1 tahun 2020, serta Asdep Standarisasi Jabatan dan Kompetensi SDM Aparatur, Arizal.

Pada sosialisasi ini, Kadispora didampingi Sekretaris Dispora, Aswanda, Kabid Olahraga Prestasi, Agustianur, Kabid Pembudayaan Olahraga, Sirajudin, serta Kasubbag Umum, Nurnuthfah Arief di ruang rapat Ruhui Rahayu Kantor Dispora Kaltim Kompleks Stadion Madya Sempaja jalan K.H. Wahid Hasyim Sempaja Samarinda. (rdi)