PENGELOLA ANGGARAN WAJIB MELEK TEKHNOLOGI 

SAMARINDA-Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur, Agus Tianur, Senin (22/2/2001) memimpin rapat pembahasan tata kelola realisasi anggaran tahun 2021.
"Ada banyak hal yang perlu menjadi perhatian dalam tata kelola serta persiapan realisasi anggaran pada tahun ini. Hal ini dikarenakan sejumlah aturan  menyesuaikan dengan keadaan saat ini,"kata Agus membuka rapat yang berlangsung di Ruang Ruhui Rahayu lantai 2 Kantor Dispora Kaltim.
Prioritas pada kondisi pademi lanjutnya adalah kegiatan yang sesuai dengan anjuran protokol kesehatan, termasuk dalam hal penggunaan anggaran perjalan dinas.
"Perjalan dinas hanya dapat diberikan jika menyangkut hal-hal yang sangat mendesak terkait masalah kedinasan. Harus ada pertanggungjawaban terhadap hasilnya dan bermanfaat untuk kantor,"tegasnya.
Dalam hal administrasi, Agus menekankan beberapa perbaikan dalam hal surat menyurat, termasuk surat pengadaan serta semua paket pengadaan yang saat inj harus menggunakan sistem elektronik.
"Tak dapat dielakkan bahwa perkembangan zaman saat ini tak terlepas dari penggunaan dan pemanfaatan tekhnologi agar pelayanan lebih transparan dan cepat serta akuntabel, dengan kata lain melek tekhnologi"jelasnya.
Dicontohkannya saat ini sudah berjalan seperti E-Katalog, dan juga dalam hal pengadaan belanja di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bernilai di bawah 50 juta rupiah maka wajib menggunakan aplikasi Belanja Langsung (BELA) Pengadaan yang juga telah bermitra dengan beberapa e-commerce skala nasional.
"Seiring dinamika pekerjaan yang mengharuskan kita untuk berkomitmen dan berkerja menggunakan tekhnologi, maka saya harapkan seluruh pejabat terkait dan juga KPA serta PPTK wajib untuk terus meningkatkan dan meningkatkan pengetahuan agar tidak tertinggal dengan sistem,"pesan mantan Kepala UPTD SKOI tersebut.
Diriya pun berharap agar dari pertemuan tersebut, peserta  dapat menambah ilmu pengetahuan dan meningkatkan kinerja bersama, khususnya dalam kerapian dokumen-dokumen serta kerjasama antar bidang.
Rapat ini diikuti oleh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Pejabat/Panitia Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP) serta sub bagian keuangan dan sub bagian perencanaan program. (fad/rdi/ppiddisporakaltim).