PEMUDA HARUS BERANI BERWIRAUSAHA 

SAMARINDA-Indonesia akan menghadapi bonus demografi di beberapa tahun kedepan, dimana jumlah pemuda akan lebih besar.
Hal ini menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timir, Agus Tianur merupakan sebuah keuntungan bagi perkembangan ekonomi nasional melalui dunia wirausaha muda.
"Pemuda harus berani keluar dari cangkang pola pikir jadi pegawai, harus mau berwirausaha dan menciptakan peluang-peluang di dunia bisnis yang tentu akan berpengaruh bagi pertumbuhan ekonomi,"ujarnya ketika diminta menjadi pembicara dalam acara launching Wadah Inspirasi Pemuda di Kopi Jadi jalan Rumbia Samarinda, Selasa (16/2/2021) malam.
Tak dipungkiri lanjutnya saat ini masih banyak pemuda yang belum produktif di tengah gempuran kemajuan tekhnologi serta tenaga kerja dari luar.
"Khusus untuk pemuda Kaltim di berbagai kesempatan saya selalu berpesan untuk meningkatkan kualitas diri agar mampu bersaing dan berdaya guna. Apalagi Kaltim nantimya akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN) sebuah magnet yang akan menarik pemuda di luar Benua Etam untuk datang,"katanya.
Pemuda Kaltim katanya harus terlibat dalam kompetisi tersebut, harus dapat menunjukkan bahwa Kaltim memiliki potensi pemuda yang luar biasa.
"Kewirausahaan menjadi solusi ditengah makin minimnya lapangan kerja, siapapun bisa melakukan, tak perlu modal besar saat ini, coba kalian lihat pemanfaatan medsos untuk memperkenalkan produk semakin menjamur, saya yakin kalian pun bisa,"yakinnya.
Terakhir Agus pun berpesan untuk semangat pantang menyerah harus selalunterbalut di jiwa pemuda untuk mencapai kesuksesan.
"Jangan muda menyerah, terus maju, manfaatkan setiap peluang, jadilah wirausaha muda yang tanggung, yang mampu melawan gelombang ujian yang datang. Manfaatkan wadah inspirasi untuk saling bertukar pikiran diantara sesama, karena ide bisa saja lahir dari obrolan yang santai,"pungkasnya.
Launching Wadah Inspirasi Pemuda ditandai dengan penyerahan pohon kepada pengurus Ikatan Pemuda (IP) Gekraf Kaltim yang menginisiasi keberadaan tempat tersebut. (rdi/ppiddisporakaltim)