Umum

Pembangunan Daerah untuk Mengurangi Kemiskinan

Dispora Management | Rabu, 25 Januari 2017 - 13:01:28 WIB | dibaca: 321 pembaca

Pembangunan daerah untuk terwujudnya kedaulatan pangan harus didukung pengendalian pemanfaatan lahan pertanian, hidroponik menjadi salah satu alternatif menykapi keterbatasan lahan. Seperti tampak dalam gambar Pemuda binaan Dispora Kaltim tengah melakukan pelatihan tanaman hidroponik yang juga dapat menjadi prosepek berwirausaha bagi para pemuda di Kaltim.

SAMARINDA - Pembangunan daerah pada dasarnya merupakan segala upaya untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengembangan teknologi, peningkatan pertumbuhan ekonomi, dan pemerataan di masing-masing daerah.

"Guna mencapai  sasaran pembangunan yang direncanakan, maka rumusan prioritas pembangunan daerah Kaltim tahun 2017, akan diselaraskan dengan sembilan agenda Nawa Cita Jokowi-JK ," kata Gubernur Kaltuim H Awang Faroek Ishak

Ditambahkan, pembangunan manusia akan diarahkan pada upaya peningkatan pelayanan pendidikan, kesehatan, tersedianya infrastruktur dan perumahan layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan jaminan sosial,

"Pembangunan sektor unggulan, penyelarasannya akan diarahkan pada upaya terwujudnya kedaulatan pangan, kedaulatan energi dan ketenagalistrikan, kemaritiman dan kelautan, serta pariwisata dan industri," kata Awang Faroek.

Dikatakan, pemerataan pembangunan antar wilayah, penyelarasan prioritas pembangunan daerah agar diarahkan untuk mendukung peningkatan pemerataan pendapatan antarkelompok masyarakat, antarwilayah, antardesa.

"Dengan terciptanya pemerataan pembangunan antarwilayah yang seimbang, pemerintah daerah akan mengurangi kesenjangan sosial dan pembangunan di masing-masing wilayah," ujarnya.

Menurut Awang, untuk mencapai sasaran pembangunan nasional 2017, untuk  mewujudkan Nawa Cita Jokowi-JK, perlu penajaman pencapaian sasaran terhadap beberapa program dan kegiatan pembangunan daerah. yaitu sasaran program dan kegiatan pembangunan daerah untuk terwujudnya kedaulatan pangan harus didukung pengendalian pemanfaatan lahan pertanian, pendistribusian bibit dan pupuk, pemeliharaan irigasi dalam upaya peningkatan produktifitas pertanian dan nilai tambah petani agar hidup layak dan lebih sejahtera. (mar/humasprovkaltim)