Bidang Pemuda

Paskibraka Kaltim Ditempa Jadwal Latihan Padat Setiap Harinya

Dispora Management | Selasa, 02 Agustus 2016 - 12:04:23 WIB | dibaca: 1185 pembaca

Untuk memantapkan tugas sebagai pengibar bendera para peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia pada  17 Agustus 2016 mendatang, sebanyak 38 calon pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) yang berasal dari sepuluh kabupaten dan kota se-Kaltim mengikuti pelatihan Paskibraka tingkat Provinsi Kaltim tahun 2016.

Pelaksanaan yang berlangsung dari tanggal 01 Agustus 2016 s.d 18 Agustus 2016 tersebut dipusatkan di kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda.

Menurut Kadispora Kaltim, Fachruddin Djaprie, kegiatan pelatihan ini guba mempersiapkan pelajar terbaik dari kab/kota se-provinsi kalimantan timur sebagai pasukan pengibar bendera pusaka pada acara perigatan HUT kemerdekaan RI ke-71 tahun 2016, sekaligus meningkatkan dan mengembangkan rasa kesadaran nasional untuk mensyukuri kemerdekaan negara kesatuan republik Indonesia.

“Pelatihan ini juga bertujuan memupuk semangat kebangsaan, kecintaan serta turut memiliki bangsa dan negara Republik Indonesia di kalangan generasi muda, mewujudkan kader – kader patriot pembela bangsa dan negara di kalangan generasi muda, serta mengembangkan sikap disiplin  dengan mengikut sertakan pemuda indonesia pada peringatan hari – hari bersejarah,”tambahnya.

Sementara menurut Ketua Tim Pelatihan, Kapt. Inf. Samsudin, dari Korem 091 ASN, menjadi anggota paskibraka  dalam memperingati hari kemerdekaan kali ini sedikit berbeda di banding tahun-tahun sebelumnya, dimana anak-anak yang biasa berlatih selama 20 hari sampai dengan 25 hari, untuk tahun ini efektif hanya 16 hari latihan. Untuk setiap harinya peserta mengikuti pengajaran, pendidikan dan latihan, penggemblengan fisik dan mental serta baris-berbaris dan pembentukan karakter sejak pukul 07.00 Wita-22.00 Wita.

“Waktu yang sangat sempit ini, tentu akan kami maksimalkan dengan jadwal yang cukup padat buat mereka. Namun demikian, kami dari jajaran pelatih yakni dari korem 091/ASN dan Polresta Samarinda serta dibantu dengan adek-adek Purna Paskibraka Indonesia Kaltim, yakin mereka akan siap bertugas pada tanggal 17 Agustus 2016 mendatang,”yakinnya.

Dijelaskannya, bahwa peserta calon paskibraka yang ada merupakan putra-putri terbaik dan pilihan dari masing-masing Kabupaten/kota. Untuk pagi hari pembekalan yang diberikan berupa materi teori wawasan kebangsaan, empat pilar kebangsaan, pengetahuan kesehatan, penyuluhan narkoba, pengetahuan Undang-undang lalu lintas dan sebagainnya.

Selanjutnya difokuskan teknik dan taktiknya pengibaran termasuk pembinaan fisik, serta dibekali juga dengan materi-materi umum dari Unmul seperti materi Bahasa Inggris, materi kepemimpinan serta materi –materi yang terkait dengan rasa cinta tanah air dan wawasan kebangsaan. (rdi)