Olahraga Persahabatan Buka Rakor Dispora se-Kaltim

Rapat koordinasi dan sinkronisasi kepemudaan dan keolahragaan se Kalimantan Timur ke-9 tahun 2019 yang dilaksanakan di Pulau Derawan, Kabupaten Berau, dibuka dengan pertandingan persahabatan antara kabpaten/kota.

Rakornis yang dilaksanakan dari tanggal 17 hingga 19 Maret 2019 tersebut  diikuti seluruh Dinas yang menangani Kepemudaan dan Keolahragaan se Kalimantan Timur dengan jumlah peserta mencapai 250 orang.

Kadispora Kaltim, Syirajudin, mengatakan bahwa Kabupaten Berau yang menjadi tuan rumah untuk tahun ini telah menyiapkan sejumlah pertandingan yakni sepakbola pantai, voli pantai, Tarik tambang, hadang serta catur.

“Pertandingan persahabatan ini sepenuhnya dilaksanakan oleh Dispora Berau yang tujuannya adalah dalam rangka mempererat tali silaturrahmi antar sesama peserta yang berasal dari kabupaten/kota serta Dispora Provinsi Kaltim sendiri, sehingga tercipta keakraban  diantara peserta, “jelasnya.

Kegiatan Olahraga persahabatan sudah dilaksanakan sejak rakor ke-8 tahun 2018 lalu, dan hasilnya positif, dimana para peserta jauh lebih akrab dan mengenal satu sama lain, hal ini tentu juga akan berdampak pada saat koordinasi urusan kepemudaan dan keolahragaan lanjut Kadispora Kaltim tersebut.

Pada pertandingan catur beregu yang dilaksanakan Minggu (17/3) malam, Kabupaten Berau berhasil menjadi yang terbaik setelah mengalahkan Kota Bontang dalam pertarungan yang cukup sengit. Sementara itu, Kabupaten Kutai Timur berhasilkan mematahkan perlawanan tim Dispora Provinsi dan berhak atas posisi ke tiga,

Senin (18/3) pagi, diawali dengan senam pagi bersama, seleuh peserta kemudian mengikuti pertandingan sepakbola pantai, voli pantai dan tari tambang.

Tim sepakbola pantai Kota Samarinda menjadi juara 1 setelah pada pada partai final mengalahkan tim Dispora Provinsi dengan skor akhir 5-2. Bermain dengan skematis dan disiplin, Samarinda yang menurunkan pemain andalannya Aliansyah dan Iriansyah sukses membangun kerjasama secara apik dan menghujamkan gol ke gawang Dispora Kaltim yang dikawal Tri Mulyana.

Kapten Tim Dispora Kaltim, Kamilus, mengakui bahwa timnya bermain kurang disiplin akibat kelelahan dan kondisi cuaca yang cukup panas, sehingga menggembosi fisik timnya.

Sementara itu dari pertandingan tarik tambang, Tim Dispora Kaltim yang diisi Lucki, Vega, Lili, Noni dan Hendra mencatatkan diri sebagai juara pertama dengan mengalahkan Kabupaten Kutai Timur 2 set langsung.

Di cabang olahraga voli pantai, Kota Samarinda dan Kabupaten Paser menjadi Juara III bersama. Di babak final, Dispora Provinsi Kaltim bertanding cukup sengit melawan tuan rumah Kabupaten Berau, dimana kedua tim mengerahkan supporter yang cukup banyak.

Setelah jual beli serangan dan saling tukar menukar smash-smash tajam, Dispora Kaltim menyelesaikan perlawanan tuan ruah dalam pertandingan 2 set langsung, 25-12, 25-24.

Selanjutnya setelah pertandingan olahraga persahabatan, selanjutnya peserta akan mengikuti Rakornis guna menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan Kepemudaan dan Keolahrgaan di Kalimantan Timur. (rdi)