Meriahkan Hut Pramuka, Dispora Gelar Persami

SENGATTA – Guna mendukung penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya Daerah Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Timur, serta memeriahkan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka (Hutpram) ke 53, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim menggelar Persami dengan melibatkan 100 peserta terdiri atas 50 putra dan 50 putri yang berasal dari Penegak/Pandega Pramuka Peduli Kaltim binaannya. Persami tersebut dilaksanakan di Bumi Perkemahaan Pertamina Ops Sengatta Sangkima, Kutai Timur sejak tanggal 3 hingga 8 September 2014.
 
Dikatakan Kepala Dispora Kaltim, Fachruddin Djaprie, Gerakan Pramuka berttujuan membentuk setiap anggotanya memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, sert menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani
 
Selain itu, gerakan pramuka juga dinilai mampu membentuk diri menjadi warga negara yang berjiwa pancasila, serta setia, dan patuh kepada NKRI. Membangun diri secara mandiri serta bertanggungjawab atas pembangunan bangsa serta memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan
 
Berdasarkan tujuan itulah, Dispora sebagai pemangku amanah UU nomor 12/2010 tentang gerakan pramuka berkomitmen melakukan pembinaan generasi muda, sehingga Kaltim memiliki SDM berdaya saing menjadi contoh generasi muda di tanah air bahkan dunia.
 
Terkait pembinaan, tambahkan Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Kaltim, Syahril, peserta persami akan diberi materi kepramukaan peduli dari kwarnas, kwarda, dan staf ahli gubernur bidang pendidikan dan kebudayaan.
 
“Dalam kegiatan ini, peserta persami juga turut serta dalam sejumlah kegiatan guna memeriah perkemahan wirakarya. Untuk itu kepada para peserta diharap dapat memanfaatkan kegiatan terebut mengambil ilmu dari pendidikan yang didapat selama perkemahan dan sebisa mungkin diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” uajranya ketika membuka Persami tersebut, Rabu (3/9) malam.
Pada kesempatan itu mantan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kaltim ini juga mengingatkan peserta untuk menjaga perilaku selama mengikuti kegiatan. “Terpenting adalah menjaga kesehatan, karena kegiatan yang diikuti cukup padat,” serunya.
 
Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Kaltim, M Hatta Zainal mengapresiaasi komitmen Dispora Kaltim dalam pembinaan generasi muda di daerah melalui gerakan pramuka yang dirangkai dengan berbagai kegiatan terkait peningkatan pengetahuan dan keterampilan diri.
Itu sebabnya, pihaknya berharap kegiatan serupa terus diselenggarakan pada waktu-waktu mendatang dalam rangka pembinaan generasi pemuda. (rdi)
 
Teks Foto : Kepala Dispora Kaltim, Fachruddin Djaprie, Ketua Kwarda Kaltim, M Hatta Zainal, serta Ketua Pelaksana, Syahril, berfoto bersama peserta putra, usai acara pembukaan kegiatan persami, Rabu (3/9) malam.(foto:dispora/haris)