Nasional

Menpora Targetkan Indonesia 10 Besar di Asian Games 2018

Dispora Management | Selasa, 01 September 2015 - 09:56:53 WIB | dibaca: 1201 pembaca

JAKARTA – Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018 mematok target prestasi peringkat 10 besar pada perhelatan pesta olahraga terbesar antar negara-negara ASIA tersebut.

“Terus terang 2018 menjadi tahun istimewa karena Indonesia menjadi tuan rumah ASIA GAMES ke 18. Tidak hanya ingin sukses dalam hal penyelenggaraan, tapi juga prestasi dengan target mampu menembus peringkat 10 besar,” tegas Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Imam Nahrawi sebelum membuka Rakor Pembinaan Olahraga Nasional, di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (26/8) malam.

Sebagai penunjang, pemerintah telah menetapkan program prioritas pembangunan bidang olahraga dengan mencetak atlet prestasi nasional.

Sesuai  Perpres No 22/2010, program pembibitan atlet perlu terus didorong agar lebih kuat dengan menyusun program dan strategi lebih jitu. “Mewujudkannya harus didukung dan bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan. Sebab pembinaan atlet butuh waktu lama dan biaya tidak sedikit,” sebutnya.

Imam Nahrawi juga menilai butuh dukungan dan sinergitas antar lembaga pemerintahan. Semisal antara Kemenpora dengan Kementrian Keuangan (Kemenkeu), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), maupun dengan DPR harus saling menunjang dalam sisi penganggaran pembiayaan pembinaan olahraga.

Termasuk diharapkan ketersedian regulasi yang mengatur bahwa dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) kembali dapat digunakan dalam pembinaan olahraga. “Atlet umumnya pelajar mahasiswa. Sering terkendala waktu belajar. Makanya perlu kebijakan yang sekaligus mengatur itu,” harapnya.(arf)

(foto:diskominfo/rizki)