Maksimalkan Pembinaan Atlet Muda, Kaltim lebur PPLP kedalam SKOI

SAMARINDA – Kalimantan Timur menjadi satu-satunya dan daerah pertama di Indonesia yang melebur Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) yang program Kementerian Pemuda dan Olahraga ke dalam Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) Kaltim.
 
Peleburan tersebut ditandai dengan penandatangan berita acara serah terima atlet PPLP Kaltim yang selama ini dibina oleh Bidang Olahraga Dispora Kaltim  kepada Kepala UPTD SKOI kaltim, dalam sebuah acara khusus usai Apel Pagi Rutin di lingkungan Dispora Kaltim beberapa waktu lalu.
 
"PPLP memiliki tujuan yakni melakukan pembinaan atlet usia dini, tujuan yang sama persis dengan didirikannya SKOI Kaltim, oleh karenanya Dispora sebagai wadah yang menaungi keduanya berpikir untuk meleburkan menjadi satu, dengan harapan bentuk pelartihan yang diberikan sama sehingga hasil yang didapat jadi jauh lebih maksimal", ungkap Kepala Dispora Kaltim, Fachruddin Djaprie.
 
Ditambahkannya bahwa mulai ajran baru 2015/2016 ini, kedua program ini telah digabung, namun untuk penandatanganan  Memorandum of Understanding (MoU) baru dilaksankan Bulan Spetember 2015.

Kepala UPTD SKOI, Agus Tianur menambahkan, meskipun telah resmi digabung, namun sumber dana masih berbeda. PPLP memiliki sumber dana dari APBN, sementara SKOI Kaltim memakai bantuan resmi melalui APBD.

"Meski sumber dana berbeda, namun perlakuan yang diberikan kepada seluruh atlet tetap sama, baik dari segi fasilitas yang diterima hingga menu makan sehari-hari", ujar Agus.