Bidang Wirausaha

Mahasiswa Luar Negeri Antusias Lukis Pasir di Botol

Dispora Management | Rabu, 13 April 2016 - 08:29:39 WIB | dibaca: 826 pembaca

Stan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur pada Pameran Pembangunan Kaltim Fair 2016 di Convention Hall Samarinda mendapat kunjungan istimewa dari 4 mahasiswa luar negeri asal Korea Selatan, Vietnam, dan Thailand.

Keempat mahasiswa tersebut merupakan para mahasiswa Program Darmasiswa Pemerintah Republik Indonesia tahun akademik 2015/2016 di Univeritas Mulawarman Samarinda, masing masing Kim Jayoung (Korea Selatan), Sumaiyah Yaring, Tita Sanai (Thailand), serta Nguyen Thi Kim Phuc (Vietnam).

Dispora yang memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mencoba membuat shuttle cock dengan bimbingan wirausaha muda binaannya, rupanya menarik minat keempat mahasiswa tersebut untuk singgah.

Kepala Seksi pengambangan Iptek dan SDM Olahraga Dispora Kaltim, Syahril, menyambut baik kunjungan tersebut. Dirinya pun menyampaikan bahwa pelatihan shuttle cock tersebut sangat bermanfaat bagi pemuda di Kaltim bila ingin berwiraswasta, hal ini tak terlepas dari kayu gabus dari Kaltim sangan bagus untuk bahan pembuatannya.

“Pembuatan shuttle cock ini sudah dua kali kami laksanakan untuk pemuda di Kaltim, dengan harapan sektor industri olahraga Kaltim dapat menggeliat dan membuka lapangan kerja baru”,jelas Syahril menjawab pertanyaan Sumaiyah Yaring.

Tak hanya belajar membuat shuttle cock, mereka kemudian dengan antusias mencoba melukis pasir di dalam botol yang didampingi instruktur ahli dalam bidang tersebut Srie Sudarsono. Dengan telaten, Srie yang sudah 22 tahun bergelut dalam bidang lukis pasir, menjelaskan dan mengarahkan para mahasiswa tersebut.

“Bukan sekadar melukis, melalui bidang ini, saya  ingin mengajak anak-anak yang memiliki bakat untuk belajar hingga bisa, dan akan lebih baik lagi bila mereka mau untuk mengajarkan kembali kepada orang lain. Bahkan adek-adek dari luar negeri ini bisa menyalurkan dan berbagi pengalaman dengan teman-temannya di Negara masing-masing”,ujar Srie.

Sementara itu, Sumaiyah Yaring mewakili rekan-rekannya menyampaikan terimakasih atas kesempatan dan ilmu yang mereka dapat selama berkunjung ke stan Dispora Kaltim.

“Ini bagus, anak muda harus suka dan mau bikin,”ucapnya singkat dalam bahasa Indonesia yang masih terbata-bata. (rdi)