MABIDA HARUS DUKUNG GERAKAN PRAMUKA TERDEPAN LAKSANAKAN REVOLUSI MENTAL

SAMARINDA-Sudah menjadi kewajiban Mejelis Pembimbing (Mabi) di Gerakan Pramuka untuk terus memberikan dorongan dan dukungan kepada Pembina dalam menyusun program pelatihan yang terarah dan bermanfaat bagi Peserta Didik. Hal ini disampaikan Gubernur Kaltim, H. Isran Noor selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) yang diwakilI Kadispora Kaltim, Muhammad Syirajudin ketika membuka Kursus Orientasi Kepramukaan bagi Majelis Pembimbing.

"Pramuka sejak masih berbentuk kepanduan memilki tujuan yang mulia yakni pembentukan karakter terhadap peserta didik sehingga mampu menjadi kekuatan dan harapan bagi bangsa dan negara yang kita cintai bersama. Oleh Karenanya Atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim, Saya menyampaikan selamat mengikuti Orientasi dalam upaya meningktakan kerjasama dan koordinasi, serta menambah wawasan yang lebih luas lagi bidang Kepramukaan,"katanya di hadapan para peserta di Aula Kwartir daerah Gerakan Pramuka Kaltim, Jalan M Yamin Samarinda, Rabu (18/12).

Lebih lanjut Gubernur menekankan peranan orientasi Kepramukaan sebagai wadah pembentukan karakter bagi kaum muda. Dalam kaitan tersebut, Gubernur yakin dan percaya bahwa peranan Gerakan Pramuka sangat strategis dan penting.

"Gerakan Pramuka akan menjamin terbentuknya karakter, watak kepribadian dan akhlak mulia kaum muda dan harus menjadi yang terdepan melaksanakan revolusi mental, revolusi menjadi bangsa memiliki karakter yang baik, jujur, disiplin beretos kerja , tangguh dan bertanggungjawab dengan bersandar nilai-nilai budayanya yang bai,"tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim, Hatta Zainal. dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang manfaat dan tujuan dari Gerakan Pramuka itu sendiri.

"Kwarda Kaltim akan terus turut berperan dalam mencetak generasi-genarasi bangsa agar tumbuh nati kedepan pemimpin-pemimpin dari Gerakan Pramuka dan semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik,”katanya.

Usai sambutan, Kadispora Kaltim atas nama Ketua Mabida KAltim menyerahkan Bendera Kegiatan kepada Ketua Kwarda Kaltim, yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kepada Ketua Pusdiklatda, Asli Arpani sebagai tanda dimulainya kegiatan Orientasi kepramukaan bagi Mabi Daerah, Mabi Satuan Karya, Pimpinan Saka, serta Andalan Kwartir daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Timur. (rdi)