Umum

Kunker ke Samboja dan Muara Jawa, Awang : Dengarkan Aspirasi, Tindaklanjuti

Rusmulyadi | Selasa, 10 April 2018 - 08:26:18 WIB | dibaca: 157 pembaca

Inspeksi lapangan dilakukan Gubernur Awang Faroek pada akhir pekan pertama April. Kali ini kunjungan dilakukan ke Kecamatan Samboja dan Kecamatan Muara Jawa, Kutai Kartanegara. Peninjauan ini untuk melihat langsung realisasi target program pada masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) Pemprov Kaltim. Pada kunjungan ini, Gubernur Awang Faroek didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan H Ichwansyah bersama  kepala OPD.  Gubernur mengingatkan agar semua OPD lebih peka mendengarkan keluhan masyarakat. 

"Sebelum berangkat saya pesan kepada semua pejabat. Pasang telinga, buka mata. Dengarkan keluhan dan aspirasi masyarakat. Segera tanggapi dan tinddaklanjuti," kata Awang disambut aplaus warga saat membuka sambutan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Samboja, Sabtu (7/4).

Saat kunjungan kemarin, Gubernur dan rombongan disambut Asisten I Pemkab Kukar Chairil Anwar beserta OPD Pemkab Kukar, Camat Samboja Ahmad Junaidi  dan  Camat Muara Jawa Syafrudin beserta lurah serta tokoh masyarakat, tokoh agama Kecamatan Samboja dan Muara Jawa. Gubernur mengatakan sejak dua bulan lalu telah memulai  kunjungan ke beberapa wilayah di Kaltim. Mulai Kabupaten Paser, kemudian Penajam Paser Utara (PPU) dilanjutkan ke Kabuapten Berau dan Kabupaten Kukar. Kunjungan selanjutnya akan dilakukan ke Kecamatan Anggana, 10 April mendatang. setelah itu inspeksi akan dilakukan ke Kabupaten Kutai Timur.     

Gubernur mengatakan kunjungan kerja ini sudah rutin dan  biasa dilaksanakannya bersama OPD terkait dalam rangka melihat langsung pencapaian target program di daerah. Jika belum lalu apa penyebabnya. "Tatap muka dengan dengan masyarakat ini bukan saja untuk mempererat tali silaturrahmi, tetapi  juga untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat, secepatnya harus segera  ditindaklanjuti agar semua berjalan baik sesuai  harapan kita bersama," papar  Awang. 

Terkait program pembangunan, gubernur mengajak seluruh stakeholders termasuk pihak swasta untuk bersama-sama, bersinergi dan saling bekerjasama untuk mewujudkan program pro rakyat, baik sektor pendidikan, kesehatan maupun program lainnya, dalam upaya mewujudkan dan merealisasikan sila kelima Pancasila yaitu  "keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia".  

Selain itu, Gubernur juga mengajak seluruh masyarakat Kaltim,  khususnya masyarakat Samboja dan Muara Jawa untuk bersama-sama menyukseskan pelaksanaan Pilgub Kaltim 2018 yang akan digelar pada 27 Juni mendatang, untuk dapat  menggunakan hak pilih masing-masing sesuai dengan hati nurani. "Saya mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada tanggl 27 Juni mendatang, pilihlah satu paslon  Pilgub  Kaltim sesuai dengan hati nurani masing-masing, karena kualitas demokrasi tergantung  pada jumlah pemilih, dan yang terpenting tetap jaga keamanan ketertiban masyarakat, " pesan Awang Faroek.

Dalam kesempatan tersebut gubernur berkesempatan melakukan dialog dengan lapisan masyarakat baik di Samboja maupun Muara Jawa, terkait dengan berbagai permasalahan yang dihadapi, baik sektor pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, infrastruktur jalan, pelayanan kepada masyarakat serta masalah sosial lainnya.

Gubernur juga berkesempatan menyerahkan bantuan-bantuan dari OPD di lingkup Pemprov Kaltim, seperti bantuan pompa air, alat tanam jagung, benih durian  dan benih jagung dari Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura,  bantuan  alat-alat olahraga dari  Dispora, beasiswa dari Dinas Pendidikan, makanan dan susu bayi dan ibu menyusui dari Dinas Kesehatan., serta bantuan dari Dinas Peternakan. (humasprov)